TOP News
Home » Regional » Blitar, Tidak Hanya Uang Gobok, tapi juga Batu Bagian Candi
Ilustrasi Lumpang Batu Kuno © 2013

Blitar, Tidak Hanya Uang Gobok, tapi juga Batu Bagian Candi

Blitar – Barang-barang kuno seperti uang gobok dan batu bagian candi ditemukan Desa Kuningan, Kanigoro oleh salah seorang takmir masjid bernama Nurul Huda pada 21 Oktober 2013.

Diwartakan dari laman Blitar Kab (31/10/2013) bahwa “21 Oktober 2013 saat takmir masjid Nurul Huda Desa Kuningan Kanigoro menemukan uang gobok sebanyak 2500 keping dengan 10 kg di halaman masjid. Barang-barang tersebut diindikasikan sebagai uang peninggalan kerajaan cina”.

Satu hari setelah penemuan uang gobok itu dilakukan pengecekan oleh petugas Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Trowulan Mojokerto, dalam pengecekan tersebut juga ditemukan bagian batu candi diarea masjid ungkap Achmad Irvan S selaku Kabid Kebudayaan Disporbudpar Kabupaten Blitar.

Tidak hanya itu, sekitar lokasi tersebut juga ditemukan yoni atau lumpang yang diindikasikan perwujudan dewa siwa, batu relief dengan Panjang 1,5 meter lebar 70 cm yang selama ini biasa digunakan warga untuk tangga.

Tidak jauh dari lokasi ditemukan benda-benda kuno tersebut tepatnya dipekarangan warga juga ditemukan satu batu yang mirip dengan salah satu candi.

Demi keamanan, sementara barang-barang lawas tersebut disimpan di polsek kanigoro.

Advertisement

Comments

EDITOR CHOICE