TOP News
Home » Peristiwa » Penyebab Puluhan Warga Jombang Yang Keracunan Masih Belum Diketahui
Ilustrasi Kare Ayam Beracun © 2013 diwarta.com

Penyebab Puluhan Warga Jombang Yang Keracunan Masih Belum Diketahui

Jombang – Pemerintah setepat yakni Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Jombang masih belum memastikan apa penyebab keracunan massal yang menimpa 60 warga Desa Palrejo, Kecamatan Sumobito, Kabupaten Jombang.

Hingga kini Dinas Kesehatan Jombang masih terus menyelidiki beberapa bumbu masakan kare ayam yang disajikan ke warga.

Diwartakan dari laman News Detik (6/11/2013) bahwa dr Heri Wibowo selaku Kepala Dinkes Jombang mengatakan “Kami belum dapat menyimpulkan apa penyebab pasti keracunan tersebut. Bahan dan bumbu kare ayam dibeli dalam kondisi baru dan segar serta juga dikupas dengan bersih. Akan tetapi bumbu dihaluskan di luar rumah dengan menggunakan jasa penggilingan,”.

Sebelumnya pada Selasa (5/11/2013), dr Heri Wibowo beserta beberapa staf Dinkes Kabupaten Jombang mengunjungi rumah Nur Hayati, pemilik rumah yang telah menyajikan hidangan kare ayam dalam acara doa bersama peringatan 40 hari orang meninggal. Diduga karena mengonsumsi sajian kare ayam tersebut tak kurang dari 60 warga keracunan.

Staf Dinkes juga mengambil sisa kare ayam, beberapa bumbu dan sayuran yang digunakan untuk membuat kare ayam dari rumah Nur Hayati. Informasi yang didapat dari Nur Hayati, Dinkes menyimpulkan bahwa bahan-bahan bumbu kare ayam dibeli dalam kondisi baru.

Kare ayam yang disajikan tersebut kemungkinan tercemar kuman dan bakteri sebelum dihidangkan. Menurut dr heri Wibowo, secara medis setiap makanan yang didalamnya terdapat bakteri atau kuman dapat berdampak pada penurunan daya tahan tubuh.

“Karena bakteri dapat menyebabkan muntah, mules dan diare,” imbuh dr Heri Wibowo.

Advertisement

Comments

EDITOR CHOICE