TOP News
Home » Dunia » China Mengaku Telah Berhasil Bersihkan Jaringan Internet
ilustrasi Internet Sehat (img: ademirjr.com.br)

China Mengaku Telah Berhasil Bersihkan Jaringan Internet

China memang terkenal dengan salah satu negara yang begitu ketat dalam menerapkan sensor di internet. Hal ini terlihat China yang mengklaim, upaya sensor tersebut sukses ‘membersihkan’ internet yang diakses oleh masyarakatnya.

Sensor tersebut tak hanya sekedar untuk menyaring pornografi atau situs berbau politik. Akan tetapi juga jejaring sosial besar besutan perusahaan asing termasuk Facebook, YouTube, Twitter dan sebagainya.

Diwartakan dari Reuters, Sabtu (30/11/2013), para pengkritik berpendapat tindakan sensor sejatinya adalah sebagai bentuk upaya otoritas dalam mencegah diskusi bernada anti pemerintah. Akan tetapi Ren Xianling selaku wakil menteri State Information Office membela diri.

“Perlawanan untuk rumor tidak benar yang biasa muncul di internet diterima dengan positif. Internet akan menjadi lebih bersih. Frekuensi fitnah juga dapat menurun. Kami akan memenuhi permintaan masyarakat dalam menciptakan dunia cyber yang dengan sesuai karakter China,” ujar Ren.

Beberapa topik yang biasa diberantas misalnya tentang kemerdekaan wilayah tertentu seperti Tibet. “Beberapa website ada yang melakukan propaganda tentang Tibet dengan tujuan memecah belah negara. Hal ini tentu melanggar hukum China,” pungkas Ren.

Advertisement

Comments

EDITOR CHOICE