TOP News
Home » Peristiwa » Apabila Gunung Kelud meletus, Blitar paling merasakan dampaknya
Ilustrasi erupsi gunung kelud (img: pertamax7)

Apabila Gunung Kelud meletus, Blitar paling merasakan dampaknya

Gunung Kelud – Seiring dengan meningkatnya aktivitas Gunung Kelud yang berlokasi di perbatasan tiga wilayah yakni, Blitar, Kediri dan malang dikhawatirkan banyak warga Kabupaten Blitar, Jawa Timur yang akan merasakan dampaknya paling besar.

Hal tersebut dikarenakan, meski jadi ikon wisata Kabupaten Kediri, dampak terbesar dari letusan Gunung Kelud kemungkinan besar lebih banyak menimpa wilayah Kabupaten Blitar.

Oleh karenanya untuk antisipasi musibah Kelud, Kabupaten Blitar sudah memetakan wilayah dengan membagi tiga ring kawasan bencana, termasuk jalur evakuasi warga.

Seperti diwartakan dari Sindo News, Minggu (2/2/2014) bahwa menurut Katidjan selaku Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kabupaten Blitar mengungkapkan jika daerah antisipasi musibah Gunung Kelud terbagi 3 bagian Yakni ring III meliputi wilayah Kecamatan Nglegok, ring II Kecamatan Gandusari dan ring I lokasi terjauh di Kecamatan Ponggok”

Sementara itu menurut Kepala Pos Pemantau Gunung Kelud Kediri Khoirul Huda mengonfirmasi apabila kini status Gunung Kelud telah naik menjadi Waspada.

Tidak hanya itu, untuk sementara kawasan wisata Kelud juga tertutup untuk umum. Hal ini sesuai dengan rekomendasi PVMBG bahwa status Gunung Kelud naik menjadi waspada.

Advertisement

Comments

EDITOR CHOICE