TOP News
Home » Peristiwa » Kelud Siap Meletus, warga Sumbersari Dirikan Tenda di kebun
Meningkatnya status Gunung Kelud

Kelud Siap Meletus, warga Sumbersari Dirikan Tenda di kebun

Gunung Kelud – Tak sedikit warga masyarakat di Dusun Gambar Anyar, Desa Sumbersari, Kecamatan Ngelegok, Blitar, Jawa Timur, lebih memilih untuk bertahan di rumah dari pada tinggal di pengungsian. Hal tersebut dikarenakan banyak warga yang mendirikan tenda-tenda di perkebunan untuk berlindung dari Letusan Gunung Kelud.

Walaupun khawatir, mereka mengaku lebih merasa aman jika berada di perkebunan, hal tersebut dilakukan karena ingin mengulang kembali cara belindung dari letusan gunung kelud yang pernah terjadi di tahun 1990 silam.

Kesiapan mereka dalam menghadapi erupsi gunung kelud ditunjukkan dengan didirikannya tenda-tenda darurat dari plastik dan bambu di area perkebunan yang mereka anggap lebih aman dari ancaman lahar panas Gunung Kelud.

Diwartakan dari laman SN, Kamis (13/2/2014) bahwa Supriono, salah seorang warga Dusun Gambar Anyar mengungkapkan “Ketika terjadi letusan di tahun 1990 silam, area ini aman sehingga kami lebih memilih tempat ini untuk mendirikan tenda. Ttenda-tenda ini nantinya digunakan untuk berlindung jika sewaktu-waktu Kelud meletus”.

Banyak warga Dusun Gambaranyar, Desa Sumberasri, Kecamatan Nglegok, yang menolak untuk dievakuasi mengingat tingginya aktivitas Gunung Kelud.

Advertisement

Comments

EDITOR CHOICE