TOP News
Home » Peristiwa » Erupsi Gunung Kelud, Sebabkan Hujan pasir Sampai Radius 40 Km
Penampakan Letusan Gunung Kelud

Erupsi Gunung Kelud, Sebabkan Hujan pasir Sampai Radius 40 Km

Gunung Kelud – Warga masyarakat yang ada di radius 40 kilometer dari Puncak Gunung Kelud, telah merasakan hujan pasir dan abu vulkanik.

Diwartakan dari laman SN, Kamis (13/2/2014) bahwa hal tersebut diungkap oleh warga Kecamatan Pare, Kabupaten Kediri, Jawa Timur, Evi Oktavia (25) yang mengatakan bahwa warga di sekitar tempat tinggalnya sudah merasa panik dengan aktivitas dari Gunung Kelud yang telah sepekan telah menyandang status Waspada.

Sementara itu, warga Desa Buna Wahyu, Nurwahyuni Srisundari (46) menyatakan jika abu vulkanik sudah dirasakan oleh warga sekitar dan penampakan bulan sudah tertutup oleh abu.

Sekedar informasi bahwa, sebelumnya PVMBG sudah menaikkan level aktivitas Gunung Kelud dari Waspada ke Siaga sampai ke status Awas. PVMBG merekomendasikan untuk sterilisasi kawasan mencapai 10 kilometer dari kawah Kelud.

Meningkatnya Status Awas dilakukan PVMBG ini berdasar pada peningkatan instrumental dari aktivitas vulkanis, seismisitas serta pengamatan visual dari Gunung Kelud.

Advertisement

Comments

EDITOR CHOICE