TOP News
Home » Regional » Malang, Kerugian Erupsi Gunung Kelud capai Rp392 miliar
Rumah rusak akibat Erupsi Gunung Kelud (img: mdk)

Malang, Kerugian Erupsi Gunung Kelud capai Rp392 miliar

Letusan Gunung Kelud yang terjadi pada Kamis malam Jum’at 14 Februari 2014 lalu memberikan dampak kerugian yang luar biasa. Pasalnya, di Malang kerugian akibat bencana letusan Gunung Kelud ditaksir mencapai Rp392,6 miliar lebih. Jumlah tersebut termasuk kerusakan kantor, sarana umum, lahan pertanian, peternakan, dan kerusakan lainnya.

Rendra Kresna selaku Bupati Malang menuturkan jika jumlah kerugian tersebut adalah taksiran untuk kerusakan yang ada di tiga kecamatan di Malang yakni Pujon, Ngantang, dan Kasembon.

Beberapa data kerusakan yang terdapat di tiga wilayah kecamatan di Malang adalah kantor pemerintah sejumlah 20 unit dengan kerugian Rp1,4 miliar lebih. Sarana pendidikan 25 unit rusak dengan perkiraan kerugian mencapai Rp1,4 miliar lebih.

Sedangkan sarana kesehatan sebanyak 9 unit rusak dengan perkiraan kerugian mencapai Rp449 juta lebih.

Sekedar informasi bahwa, sejumlah tempat penting juga rusak parah akibat letusan gunung kelud yang diantaranya adalah tempat ibadah 36 unit rusak, rumah tempat tinggal 3.782 unit rusak, sarana air, lahan sawah yang mencapai 5.146 hektare juga rusak, kebun 1.792 hektare rusak, tanaman buah sebanyak 260 ribu pohon juga mengalami kerusakan, tak ketinggalan pula ternak sapi perah sebanyak 25.290 ekor juga mengalami kerugian.

Advertisement

Comments

EDITOR CHOICE