TOP News
Home » Peristiwa » Status Turun, Kini Gunung Kelud Siaga
Zona Steril Gunung Kelud 5KM (img: TribunNews)

Status Turun, Kini Gunung Kelud Siaga

Status Gunung Kelud di Jawa Timur pada hari Kamis (20/2/2014), diturunkan satu tingkat jadi Siaga. Sebelumnya, status gunung yang memiliki ketinggian 1.731 Mdpl itu berada pada posisi Awas.

Dikabarkan dari laman Kompas bahwa Umar Rosadi selaku Penanggung Jawab Gunung Api Jawa Timur dan Jawa Tengah Pusat Vulkanologi Mitigasi dan Bencana Geologi (PVMBG) mengatakan jika status gunung kelud diturunkan jadi Siaga per Kamis (20/2/2014) pukul 11.00 WIB.

Penurunan level itu mengacu pada luasan wilayah steril aktivitas manusia. Jika pada level Awas wilayah steril gunung kelud mencapai 10 kilometer dan kini semakin menyempit menjadi 5 kilometer.

Masih menurut Umar, sejauh ini wilayah sekitar Gunung Kelud masih didominasi adanya gempa tremor dengan amplitudo kisaran 0,5 milimeter datar serta bumbungan asap putih tebal maupun tipis kurang lebih setinggi 300 hingga 600 meter.

Sekedar informasi bahwa, gunung yang ada di perbatasan Kabupaten Kediri, Kabupaten Blitar, serta Kabupaten Malang tersebut mengalami erupsi eksplosif pada Kamis (13/2/2014) malam.

Advertisement

Comments

EDITOR CHOICE