TOP News
Home » Peristiwa » Hari ini Jadi Misi Besar-besaran Pencarian Pesawat MAS MH370
Pencarian MAS MH370 di Samudra Hindia (img: Viva News)

Hari ini Jadi Misi Besar-besaran Pencarian Pesawat MAS MH370

diwarta.com – Hari ini, 5 April 2014 menjadi hari paling bersejarah dalam dunia penerbangan, dimana hari ini adalah hari pencarian pesawat yang hilang bersama 239 orang penumpang. Seperti diketahui, sejak 8 Maret 2014 lalu keberadaan pesawat Malaysia Airlines MH370 masih belum diketahui.

Pencarian yang berpusat di wilayah Samudera Hindia bagian selatan kali ini melibatkan 10 pesawat militer, tiga jet sipil, dan 11 kapal yang kesemuanya menjelajahi titik pencarian di laut seluas 217.000 kilometer persegi.

Seperti dilansir dari laman Viva Newws (Sabtu, 5 April 2014, 17:51) bahwa kepala badan koordinasi Australia, Angus Huston mengatakan “Jika pihaknya tidak menemukan apa pun dalam enam pekan terkait MAS MH370, dan Dia akan terus melanjutkan operasi pencarian ini karena ada banyak benda di pesawat yang akan mengambang.

Dalam pencarian ini peralatan sonar pada dua kapal yang ikut dalam pencarian diharapkan dapat membuahkan hasil dan menemukan suara dari kotak hitam dan perekam data.

Sekedar informasi bahwa kotak hitam yang ada di pesawat memiliki perangkat suar penentu lokasi atau locator beacon yang mentransmisikan “pings” ketika di bawah air. Akan tetapi, baterai dalam kotak hitam tersebut hanya dapat bertahan selama 30 hari.

Tak mau kalah dengan yang lain, Inggris juga mengirim HMS Tireless, sebuah kapal selam bertenaga nuklir kelas Trafalgar lengkap dengan kemampuan sonar. Sementara itu kapal Malaysia diharapkan segera tiba di lokasi pencarian pada Sabtu.

Advertisement

Comments

EDITOR CHOICE