TOP News
Home » Regional » Harga Daging Ayam dan Telur Meroket
Gambar telur ayam (img: kravid.com)

Harga Daging Ayam dan Telur Meroket

Diwarta.com – Harga daging ayam dan telur ayam ras terus mengalami kenaikan, merata di beberapa pasar tradisional seputaran Blitar, Kediri dan Tulungagung seminggu terakhir ini.

Berdasarkan pemantauan team diwarta, harga daging ayam di beberapa pasar tradisional berkisar antara Rp. 27.500 – Rp. 28.500 per kg nya.

Harga telur ayam ras mengalami kenaikan yang fantastis, harga telur di pasar telah menembus harga Rp.20.500 – Rp.21.500 per kg nya. Harga telur tersebut merupakan harga tertinggi dalam beberapa tahun terakhir. Kemungkinan harga tersebut dapat mengalami kenaikan lagi.

Kenaikan harga kedua komoditas peternakan tersebut dipicu oleh tingginya permintaan pasar, karena bertepatan dengan moment bulan Robiul Awwal (tahun Hijriah) ataupun bulan Maulid/Mulud (penanggalan Jawa), di mana pada bulan ini banyak terselenggara acara-acara keagaaman seperti peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, acara pesta pernikahan, pesta khitanan dan acara lainnya yang hampir serempak di ketiga wilayah tersebut. Bahkan, hampir seluruh daerah di pulau Jawa.

Disamping itu khusus untuk kenaikan fantastis dari telur ayam ras, kemungkinan juga disebabkan oleh ayam penghasil telur disentra-sentra peternakan sedang mengalami penurunan populasi ayam yang berproduksi, sehingga jumlah telur yang dihasilkan berkurang padahal permintaan pasar akan telur sangat tinggi saat ini.

Advertisement

Comments

EDITOR CHOICE