TOP News
Home » Peristiwa » Selain Telkomsel, 3 Situs Telekomunikasi Ini Pernah Di Retas Hacker
hacker

Selain Telkomsel, 3 Situs Telekomunikasi Ini Pernah Di Retas Hacker

Telkomsel hari ini (28/04/17) sedang ketiban musibah. Situs resminya telah dijahili oleh hacker yang isinya melayangkan protes terhadap mahalnya kuota paketan internet. Namun faktanya, selain Telkomsel ada beberapa perusahaan telekomunikasi lain yang situsnya pernah diretas. Berikut daftar situs yang pernah diretas :

1. Situs Oi

Logo Oi (logo-oi.blogspot.com)

Logo Oi (logo-oi.blogspot.com)

Situs official dan sejumlah subdomain operator telco ternama di Brasil ini tahun lalu dibobol oleh seorang hacker asal Aljazair. Seperti yang diwartakan HackRead (26/06/16), peretas yang memakai nama samaran ‘Red Hell Sofyan’ tersebut menggunakan situs Oi untuk menunjukkan dukungan ke warga palestina. Namun tidak diketahui juga selain itu, hacker tersebut juga mencuri data penggunanya.

2. Situs Globe Telecommunications

globe (img: liputan6-tekno.com)

globe (img: liputan6-tekno.com)

Bergeser ke negara Filipina, peristiwa seperti itu juga pernah dirasakan oleh Globe Telecommunications. Sebagai provider berlevel mayor di negara tersebut, Globe dikritik karena jaringannya sangat lambat.

3. Situs Belgacom

cartouche belgacom

cartouche belgacom

Sementara itu di Eropa, ada Belgacom (atau Proximus) yang website resminya pernah diserang GCHQ, agen rahasia Inggris. Tak tanggung-tanggung, GCHQ melancarkan serangan cyber-nya secara beruntun selama 2 tahun menggunakan malware Regin. Walaupun Belgacom mengatakan tak ada data user yang hilang, tetapi GCHQ mengklaim telah masuk ke dalam jaringan perusahaan yang sudah ada sejak 1930 itu dan mencuri data-data penting didalamnya. Mungkinkah itu hanya sebagai ancaman tapi yang jelas situs Belgacom mengklaim tetap aman.

Demikian seputar informasi situs telekomunikasi yang diretas selain Telkomsel.

Advertisement

Comments

EDITOR CHOICE