TOP News
Home » Peristiwa » Beberapa Keutamaan Bulan Ramadhan Yang Wajib Kita Ketahui

Beberapa Keutamaan Bulan Ramadhan Yang Wajib Kita Ketahui

Diwarta.com – Bulan suci ramadhan memang sudah di depan mata, 10 hari lagi kita sebagai umat muslim diwajibkan untuk menjalankan puasa di bulan yang penuh berkah.

Bulan ramadhan adalah momen yang sangat di tunggu-tunggu oleh seluruh umat islam di dunia, dimana di bulan ini Allah SWT melimpahkan rahmat, kasih sayang dan pengampunannya kepada siapa saja yang memohon ampun dan pertolongan, melimpahkan segala ridhlonya. Seperti yang sering kita ketahui bahwa tidurnya orang yang berpuasa itu saja ibadah, apalagi kalau kita benar-benar melakukan serangkaian ibadah-ibadah sunah lainnya dan melakukan amalan-amalan di malam lailatul qadar yang sudah pasti kita akan mendapat berkah bulan suci ramadhan.

Bahkan ada sebuah hadist yang meriwayatkan “Jika tiba bulan Ramadhan, maka dibuka pintu-pintu syurga dan ditutup pintu-pintu neraka dan dibelenggu semua syaitan (HR. Bukhari dan Muslim)”. Bulan ini adalah bulan terindah seluruh umat muslim di dunia.

Berpuasa merupakan satu dari ribuan nikmat Allah yang di berikan untuk hamba-hamba terkasihnya. Sebentar lagi kita akan merasakan nikmatnya bersahur ketika mata masih ingin terlelap, berbuka setelah seharian penuh kita menahan lapar dan dahaga. Melaksanakan sholat tarawih 20 rakaat yang akan kita temui hanya pada waktu bulan ramadhan saja.

Tahukah kalian bahwasanya “Allah Ta’ala akan mengampuni dosa-dosa yang telah lalu bagi siapa saja yang melakukan sholat Tarawih dengan penuh keimanan dan mengharapkan pahala dan ridho Allah semata. Bukan karena riya’ dan sum’ah (ingin dilihat dan didengar amal kebaikannya oleh orang lain”.

Untuk itu marilah kita mulai untuk berbenah diri, mempebaiki segala sesuatunya yang jauh dari kata sempurna. Mulai dari cara berpakaian, cobalah untuk memilih baju yang menutup aurat hingga perkataan dan perbuatan.

Nah untuk keutamaan bulan ramadhan sendiri ada beberapa point yang harus kita ketahui.

1. Bulan Ramadhan adalah bulan di turunkannya Al-Qur’an, seperti firman Allah ta’ala:

شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِي أُنْزِلَ فِيهِ الْقُرْآَنُ هُدًى لِلنَّاسِ وَبَيِّنَاتٍ مِنَ الْهُدَى وَالْفُرْقَانِ فَمَنْ شَهِدَ مِنْكُمُ الشَّهْرَ فَلْيَصُمْهُ

“(Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil). Karena itu, barangsiapa di antara kamu hadir (di negeri tempat tinggalnya) di bulan itu, maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu.” (QS. Al Baqarah: 185)

Dari hadist diatas kita bisa menyimpulkan, bahwa bulan ramadhan adalah bulan yang sangat istimewa.

2. Bulan dikabulkannya segala do’a dan permohonan, seperti hadist nabi berikut.

إِنَّ لِلّهِ فِى كُلِّ يَوْمٍ عِتْقَاءَ مِنَ النَّارِ فِى شَهْرِ رَمَضَانَ ,وَإِنَّ لِكُلِّ مُسْلِمٍ دَعْوَةً يَدْعُوْ بِهَا فَيَسْتَجِيْبُ لَهُ

”Sesungguhnya Allah membebaskan beberapa orang dari api neraka pada setiap hari di bulan ramadhan,dan setiap muslim apabila dia memanjatkan do’a maka pasti dikabulkan.”

Hadist tersebut sudah memperjelas bagaimana kemuliaan bulan ini.

3. Terdapat satu malam yang penuh dengan kemuliaan dan keberkahan dari 10 malam terakhir bulan ramadhan. Dimana di malam lailatul qadar ini, jika kita beribadah sungguh-sungguh dengan keikhlasan hati, mengharap ridlo Allah sama hanya kita beribadah selama 1000 bulan. Sepert firman Allah sebagai berikut:

إِنَّا أَنْزَلْنَاهُ فِي لَيْلَةِ الْقَدْرِ (1) وَمَا أَدْرَاكَ مَا لَيْلَةُ الْقَدْرِ (2) لَيْلَةُ الْقَدْرِ خَيْرٌ مِنْ أَلْفِ شَهْرٍ (3

”Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Quran) pada lailatul qadar (malam kemuliaan). Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan.” (QS. Al Qadr: 1-3).

Semoga perbincangan diatas bisa mempertebal keimanan kita dan menambah ketaqwaan kita terhadap Allah Subhanu Wata’ala.

 

Advertisement

Comments

EDITOR CHOICE