TOP News
Home » Peristiwa » 7 Asyiknya Momen Ramadhan Yang Akan Selalu Kita Rindukan

7 Asyiknya Momen Ramadhan Yang Akan Selalu Kita Rindukan

Diwarta.com – Bulan ramadhan akan datang dalam waktu beberapa hari kedepan, dan pasti kita akan mempersiapkan segala sesuatunya mulai sekarang. Mulai dari berbenah diri dan meluruskan niat, untuk itu kita perlu usaha bersunguh-sungguh dalam menyambut bulan ramadhan.

Ada beberapa suasana khas di bulan ramadhan yang akan selalu kita rindukan dan hanya ada di bulan suci saja. Lalu apa saja ya yang khas dari bulan ramadhan??

1. Ronda
Dimulai dari suasana ronda yang bisanya banyak di lakukan oleh pemuda-pemuda kampung yang akan bergadang semalaman. Biasanya mereka akan menyusuri jalan perkampungan dengan membawa salah satu alat musik tradisional berbahan bambu, tetapi bukan angklung melainkan kentongan.

2. Sahur Bersama
Makan sahur merupakan salah satu kegiatan yang paling malas untuk di lakukan pada bulan ramadhan, karena kita harus terbangun untuk makan di waktu tidur paling nyenyak. Tetapi tahukah kalian bahwa ada keistimewaan tersendiri dari kegiatan makan sahur, bahwa makan sahur adalah salah satu berkah yang di turunkan Allah SWT kepada hambanya seperti salah satu hadist nabi yang berbunyi:

Dan dari Abu Hurairah Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda (yang artinya): “Sesungguh Allah menjadikan barakah itu pada makan shaur dan kiloan”. (HR. Asy-Syirasy (Al-Alqab) sebagaimana dalam (Jami’as Shaghir) (1715) dan Al-Khatib (Al-Muwaddih) (1/263) dari Abi Hurairah dgn sanad yg lalu. Hadits ini HASAN)

3. Berburu takjil
Berburu takjil adalah kegiatan yang paling di tunggu, dimana kita bisa mencari aneka jenis makanan sembari ngabuburit (jalan-jalan di sore hari waktu bulan ramadhan). Kita bisa menemukan banyak makanan di tenda-tenda pinggir jalan yang menjajakan segala jenis makanan.

Image result for gambar orang jualan takjil

4. Buka Bersama

Buka bersama adalah satu momen berkumpul bersama keluarga, kerabat atau teman sekalipun yang hanya ada di bulan ramadhan. Menjadi salah satu momentum yang sangat dirindukan dan nanti-nantikan oleh semua orang. Karenanya bisa mendekatkan yang jauh dan merapatkan yang dekat.

4. Menunggu Adzan Maghrib
Adzan maghrib merupakan satu waktu yang sangat di nanti-natikan. Pukulan bedug pertama adalah hal yang paling membahagiakan, biasanya anak-anak akan menghitung setiap detik perjalan jarum jam menuju waktu berbuka puasa, bahkan ada diantara mereka yang membawa jam dinding besar kemana-mana.

5. Sholat Tarawih
Sholat tarawih hanya bisa kita temui ketika bulan suci ramadhan saja, meski kita harus lebih lama sholat dengan menahan kantuk dan perut yang terkadang terpenuhi menu buka puasa. Namun kita akan selalu merindukan kehadirannya di tahun-tahun berikutnya. Ada beberapa keistimewaan dan keutamaan mengerjakan sholat tarawih seperti salah satu hadist nabi berikut:

Dari Abu Dzar rdhiyallahu anhu, bahwa Nabi shallallahu alaihi wasallam pernah mengumpulkan keluarga dan para sahabatnya. Lalu beliau bersabda:

إِنَّهُ مَنْ قَامَ مَعَ الإِمَامِ حَتَّى يَنْصَرِفَ كُتِبَ لَهُ قِيَامُ لَيْلَةً

“Sesungguhnya barangsiapa yang shalat (Tarawih) bersama imam sampai ia selesai, maka ditulis untuknya pahala qiyamul lail satu malam penuh.” (HR. An-Nasai no.1605, At-Tirmidzi no.806, Ibnu Majah no.1327, dan selainnya. Dan hadits ini dinyatakan SHOHIH oleh At-Tirmidzi dan Syaikh al-Albani dalam Irwa’ Al-Gholil no. 447).

Image result for gambar sholat tarawih

6. Tadarus
Tadarus Al-Qur’an adalah satu amalan dari puluhan amalan yang sunah di lakukan pada waktu bulan ramadhan. pada malam bulan ramadhan lantunan ayat-ayat suci akan berkumandang di seluruh pelosok negri, mulai dari perkotaan hingga kampung-kampung kecil yang lebih banyak di dominasi oleh anak-anak sebagai qari’ yang akan bergantian melafalkan kalam ilahi. Dengan terbata-bata, mereka berusaha megngkhotamkan 30 juz Al-Qur’an. Adapun keutamaan tadarus Al-Qur’an di malam bulan ramadhan terwakili oleh satu hadist shahih berikut:

عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ قَالَ كَانَ رَسُولُ اللَّهِ – صلى الله عليه وسلم – أَجْوَدَ النَّاسِ ، وَكَانَ أَجْوَدُ مَا يَكُونُ فِى رَمَضَانَ حِينَ يَلْقَاهُ جِبْرِيلُ ، وَكَانَ يَلْقَاهُ فِى كُلِّ لَيْلَةٍ مِنْ رَمَضَانَ فَيُدَارِسُهُ الْقُرْآنَ ، فَلَرَسُولُ اللَّهِ – صلى الله عليه وسلم – أَجْوَدُ بِالْخَيْرِ مِنَ الرِّيحِ الْمُرْسَلَةِ

Dari Ibnu Abbas, ia berkata: “Rasulullah SAW adalah orang yang paling murah hati, lebih-lebih ketika bertemu Jibril di bulan Ramadhan. Beliau bertemu Jibril pada pada setiap malam bulan Ramadhan untuk tadarus Al-Qur’an. Maka sifat murah hati Rasulullah melebihi hembusan angin.”

Related image

Dari ulasan diatas kita bisa menyimpulkan bahwa bulan ramadhan adalah bulan yang penuh keberkahan. Dimana kegiatan-kagiatan tertentu hanya bisa kita jumpai di indahnya bulan suci ini.

Related image

 

Advertisement

Comments

EDITOR CHOICE