TOP News
Home » Peristiwa » 7 Kegiatan Positif Ketika Menjalankan Puasa Ramadhan

7 Kegiatan Positif Ketika Menjalankan Puasa Ramadhan

Bulan yang ditunggu tunggu umat islam dan hanya hadir satu tahun sekali adalah Bulan Ramadhan. Bulan dimana umat islam menjalankan puasa ramadhan sebulan penuh. Dan  sangat menyenangkan jika bertepatan dengan hari libur. Tetapi jika puasa ramadhan berada dirumah tanpa melakukan kegiatan yang menggembirakan akan menyebabkan kejenuhan. Banyak yang bingung melakukan kegiatan apa yang cocok untuk dilakukan di bulan ramadhan.

Bulan ramadhan banyak orang yang akan malas untuk keluar rumah karena panas dan berdebu. Kadang juga akan bingung saat berada dirumah ketika masih dalam keadaan berpuasa dan jika tidak melakukan kegiatan,  maka puasa ramadhan akan menjenuhkan. Bagi anda yang suka dirumah jadikanlah puasa menjadi bermanfaat dengan melakukan kegiatan baik.

1. Menonton
Menonton akan menjalankan kedua otak secara bersamaan. Sebuah gambar akan mengaktifkan otak kanan dan tulisan akan mengaktifkan kinerja otak kiri anda. Jangan tonton yang aneh-anaeh. Carilah tontonan untuk tuntunan kehidupan seperti ceramah, acara edukasi, nyanyian religi, dan lain-lain. Selain menonton yang berada dalam TV juga dapat menonton film-film Motivasi, menambah wawasan dan yang mengasyikkan agar anda tetap bersemangat dalam menjalani puasa ramadhan.

2. Membaca Buku
membaca buku akan mengalihkan fikiran anda karena dengan menghayati isi yang ada di dalam buku waktu akan terasa berjalan dengan cepat. Membaca buku tentang tuntunan kehidupan, agama dan cerita nabi juga akan menyenangkan. Dengan membaca akan memberikan dan akan menambah pengalaman di diri anda.

3. Berkarya.
Puasa harus tetap dijalankan agar tidak jenuh anda dapat membuat sebuah karya unik. Selagi anda memiliki waktu dan mampu membuat karya akan menjadikan puasa menyenangkan. Anda dapat melakukan kegiatan melukis hal-hal imajinatif dan inspiratif.

4. Browsing.
Browsing juga dapat mengalihkan perasaan jenuh. anda dapat browsing untuk kepentingan bisnis, tugas sekolah/kuliah, hobi, tuntunan kehidupan dan lain lain. Jika ingin resep makanan untuk dimasak berbuka puasa anda juga dapat melakukan browsing. Anda akan dapat menghabiskan waktu menjadi bermanfaat untuk mencari banyak pengetahuan.

5. Membaca Al-Qur’an
Membaca Al-Qur’an sangat dianjurkan ketika bulan ramadhan karena dalam bulan ramadhan jika kita melakukan kegiatan baik amal perbuatan akan dilipatgandakan. Ketika membaca Al-Qur’an hati dan perasaan juga akan menjadi tenang sehingga akan terhindar dari perbuatan tercela.

6. Membereskan rumah
Kegiatan yang dapat mengalihkan perhatian walaupun membereskan rumah adalah kegiatan yang melelahkan tetapi jika rumah kotor hati kita juga tidak akan tenang. Jika keadaan rumah berantakan ketika kita menaruh barang akan sering kali lupa menaruhnya. Dan jika barang tersebut kita cari tidak ketemu hati kita akan kesal. Perasaan kesal akan mengotori hati di bulan suci ramadhan.

7. Beribadah Bersama
Ibadah sangat baik dan dianjurkan di bulan ramadhan. Jika kita melaksanakan ibadah bersama-sama akan mendapatkan pahala yang berlipat ganda.Sangat dianjurkan untuk melakukan ibadah bersama-sama di bulan ramadhan. Seperti sholat berjamaah dan mengaji.

Anda tidak perlu bingung sekaligus khawatir ingin melakukan kegiatan apa di rumah ketika puasa ramadhan. Ada banyak kegiatan positif yang dapat membantu anda dalam mengalihkan kejenuhan. Bulan ramadhan harus dimanfaatkan dengan melakukan hal-hal yang positif agar dos tidak berlipat ganda, cukup amal ibadah saja yang berlipat ganda.

Image result for browsing di gadget

Advertisement

Comments

EDITOR CHOICE