TOP News
Home » Peristiwa » 5 Amalan Yang Sayang Ditinggalkan Di Bulan Ramadhan

5 Amalan Yang Sayang Ditinggalkan Di Bulan Ramadhan

Bulan yang di nanti-nanti umat islam adalah bulan ramadhan. Ketika bulan ramadhan telah tiba kita dianjurkan untuk menghindari perbuatan dosa seeperti minum minuman keras, kegiatan tersebut sangat dilarang dan dibenci oleh Allah SWT. Kita harus memperbanyak amal ibadah karena Allah akan memberikan banyak kejutan pahala yang berlipat ganda. sebaliknya jika kita melakukan perbuatan yang tidak baik maka Allah SWT juga akan melipat gandakan dosa.

Sebagai umat islam kita harus menghindari perbuatan dosa dan harus tetap beryukur karena masih dapat menjalankan puasa ramadhan dengan keadaan sehat. Panjang umur merupakan fenomena yang sangat bermanfaat bagi kita, karena dengan keadaan yang masih diberi kesehatan dan umur panjang kita masih dapat memperbanyak amal ibadah dan mendekatkan diri lebih erat kepada Allah SWT. Untuk mendapatkan banyak pahala di bulan ramadhan ada beberapa hal yang dapat anda kerjakan.

1. Sholat 5 Waktu
Sholat 5 waktu merupakan sholat yang wajib dan harus dikerjakan oleh umat islam. Bulan ramadhan derajat sholat akan dilipat gandakan. Jika anda menjalankan sholat berjamaah Allah SWT akan memberikan pahala yang berbeda dari sholat yang dikerjakan dirumah. Shalat dibulan ramadhan sangat berbeda dari bulan sebelumnya, karena ketika bulan ramadhan pahala satu rakaat lebih baik dari pada seribu rakaat di bulan lainnya.

2. Berdoa
Bulan yang dianjurkan untuk sering-sering berdoa adalah bulan ramadhan. Karena Rasulullah SAW bersabda “3 golongan yang tidak ditolak doa mereka: orang yang sedang berpuasa sampai ia berbuka, pemimpin yang adil serta orang yang teraniaya”. Berdoa di bulan puasa ramadhan merupakan sebuah cara yang tepat untuk anda meminta pertolongan kepada Allah SWT terhadap doa-doa yang belum terkabul.

3. Shalat Tahajud
Shalat yang dijalankan di malam hari. Tetapi banyak orang yang tidak melakukannya. Shalat tahajud sangat penting untuk anda memohon pertolongan kepada Allah SWT agar doanya terkabul. Sholat tahajud juga dapat menghapuskan dosa kita yang terlanjur tercatat di bulan sebelumnya.

4. Puasa sebulan
Puasa sebulan penuh merupakan hal wajib bagi umat islam, terutama lelaki yang sudah mampu menjalankannya. lelaki yang sudah mampu berpuasa wajib melaksanakan dalam satu bulan penuh. wanita juga dianjurkan untuk berpuasa dan hanya boleh meninggalkan puasa ketika datang bulan saja. Setelah idul fitri wanita wajib mengganti hutang puasa sebanyak yang telah ditinggalkan di bulan ramadhan.

5. Berbuka Puasa Bersama
Berbuka puasa bersama merupakan hal yang dianjurkan oleh Allah SWT. Karena dengan berbuka bersama kita dapat merasakan nikmatnya berbagi makanan. Suasana berbuka  juga akan sangat berbeda dengan ketika kita berada dirumah sendirian. Allah SWT akan memberikan pahala yang berlipat ganda jika kita berbagi dan saling menyayangi sesama.

Kita harus memperbanyak amal ibadah dan menghindari perbuatan dosa ketika bulan ramadhan, Karena bulan ramadhan sangat disayangkan jika kita tidak berbuat kebaikan. Allah SWT akan melipat gandakan pahala kita. Umat islam dianjurkan untuk melakukan banyak kebaikan sebab akan banyak dosa yang terhapuskan dari perbuatan baik yang telah dilakukan.

Image result for berdoa

Advertisement

Comments

EDITOR CHOICE