TOP News
Home » Peristiwa » 5 Hikmah Puasa Di Bulan Ramadhan Yang Menyenangkan

5 Hikmah Puasa Di Bulan Ramadhan Yang Menyenangkan

Berpuasa di bulan ramadhan hukumnya adalah wajib bagi umat islam. Jika sebagai mengaku islam tidak menjalankan puasa di bulan ramadhan kita akan mendapatkan dosa besar. Puasa ramadhan juga harus dijalankan dengan hati yang ikhlas. Puasa adalah ibadah kepada Allah SWT yang harus disertai dengan niat kepada Allah ta’ala. Untuk menjalankan puasa ramadhan baru, kita juga harus melunasi hutang puasa tahun lalu, tidak boleh tersisa walaupun hanya satu saja.

Puasa ramadhan tidak hanya menahan lapar dan haus saja, Kita harus menjalankan ibadah-ibadah yang dianjurkan oleh Allah SWT. Dan harus menghindarkan diri dari sesuatu yang dapat menambah dosa contohnya minuman keras, berzina. mencontek, pamer, gosip, berbohong, dan lain-lain. Dibalik puasa ramadhan yang dijalankan dengan semangat dan penuh keikhlasan ada banyak hikmah yang diberikan oleh Allah SWT.

5 Hikmah Puasa Ramadhan

1. Di setiap Kegiatan Mulia merupakan Ibadah
Langkah untuk menuju masjid, menolong sesama, dan tersenyum di bulan ramadhan akan dihitung dengan ibadah. Ketika anda tidur di bulan ramadhan juga dihitung dengan ibadah. Allah SWT akan memberikan limpahan ibadah di bulan ramadhan jika kita melakukan kebaikan dengan penuh keikhlasan.

2. Hati-hati dalam Berbuat sesuatu
Ketika puasa ramadhan kita dianjurkan untuk selalu berbuat kebaikan karena jika puasa tetapi tetap saja menyakiti orang lain, puasa tersebut akan menjadi sia-sia. Puasa ramadhan harus hati dalam perkataan, perbuatan, mata, dan telinga. Mata dan telinga harus di jauhkan dari penglihatan dan pendengaran yang buruk. Dengan demikian kita akan terlatih dan memiliki banyak kemajuan positif, dan terhindar dari dosa besar.

3. Melatih Bersyukur
Dengan mengkonsumsi makanan ketika berbuka puasa saja, Kita akan dapat mensyukuri nikmat yang telah diberikan Allah SWT kepada kita. Sehingga kita dapat menjadi pribadi yang lebih baik. Dengan nikmat yang diberikan Allah SWT kita akan lebih bersyukur.

4. Melatih Disiplin Waktu
Ketika puasa kita harus tetap memiliki tubuh yang fit dan kuat, saat puasa ramadhan kita akan bangun sahur, Dan hal tersebut akan melatih kita untuk bangun pagi. Dengan demikian akan membuat tubuh sehat dan tidur kita lebih teratur demi lancarnya puasa.

5. Mempererat Silaturahmi
Salah satu cara untuk mempererat silaturahmi adalah membagikan takjil. Persaudaraan umat islam akan terlihat jelas di bulan ramadhan karena selalu erat dalam kebersamaan. Sholat taerawih juga merupakan silahturahmi karena menjalankaan ibadah secara berjama;ah.

Puasa memang dilaksanakan dengan penuh perjuangan karena kita harus menjalankan puasa dengan aktivitas yang sama dari hari sebelumnya. Dalam keadaan yang harus menahan lapar dan haus saat beraktivitas merupakan sesuatu yang luar biasa. Dibalik perjuangan tersebut Allah SWT tetap memberikan imbalan yang berlipat ganda dengan kegiatan mulia yang kita lakukan. Dan ada banyak hikmah puasa yang dapat kita rasakan di bulan ramadhan.

Image result for bersujud

Advertisement

Comments

EDITOR CHOICE