TOP News
Home » Peristiwa » 6 Keutamaan Dan Manfaat Tadarus Al-Qur’an

6 Keutamaan Dan Manfaat Tadarus Al-Qur’an

Ramadhan merupakan salah satu bulan besar yang kedatangannya selalu di tunggu-tunggu oleh umat muslim di penjuru dunia. Bulan yang kental dengan banyaknya amal kebajikan dan pahala melimpah ruah yang di berikan cuma-cuma kepada siapa saja yang mau beribadah dan melakukan amalan-amalan sunah di bulan yang penuh kemuliaan ini.

Salah satu yang sering kita lakukan pada bulan ramadhan adalah tadarus Al-Qur’an. Tadarus Al-Qur’an di tiap malam bulan ramadhan memang selalu identik dengan amalan-amalan sunah yang bertujuan untuk semakin mendekatkan diri kepada Allah SWT. Tadarus Al-qur’an merupakan salah satu ibadah yang sama utamnya dengan puasa ramadhan di siang hari dan sholat tarawih di malam harinya. Seperti yang kita tahu bahwa Al-Qur’an disebut sebagai “Ma`dubatullah” (hidangan Allah SWT.), sebagaimana sabda Rasulullah SAW., “Sesungguhnya Al-Quran ini adalah hidangan Allah, maka kalian terimalah hidangan-Nya itu semampu kalian.” (HR. Hakim)

Berikut adalah 6 keutamaan dari amalan sunah tadarus Al-Qur’an yang perlu kita ketahui.

  1. Pertama, menjadi sebaik-baiknya manusia. Tidak ada manusia yang lebih baik daripada orang yang mau belajar dan mengajarkan Alquran. Oleh karena itu, profesi pengajar Al-Quran – jika dimasukkan sebagai profesi – adalah profesi terbaik di antara sekian banyak profesi. Sabda Nabi saw., “Sebaik-baik kamu sekalian adalah yang mempelajari Al-Quran dan mengajarkannya.” (HR. Bukhari)
  2. Kedua, memperoleh kebaikan berlipat. Sabda Nabi SAW., “Barangsiapa yang membaca satu huruf dari kitab Allah, maka baginya satu kebaikan, dan setiap kebaikan dibalas dengan sepuluh kebaikan. Saya tidak mengatakan Alif Lam Mim itu satu huruf, tetapi Alif satu huruf, Lam satu huruf, dan Mim satu huruf.” (HR. Tirmidzi)
  3. Ketiga, memberi syafaat di hari kiamat. Sabda Nabi SAW., “Bacalah olehmu Al-Quran karena sesungguhnya Al-Quran itu akan datang pada hari kiamat sebagai pemberi syafaat bagi pembacanya.” (HR. Muslim)
  4. Keempat, dikumpulkan di surga bersama para malaikat. Sabda Nabi SAW., “Orang yang mahir membaca Al-Quran kelak (mendapat tempat di surga) bersama para malaikat yang mulia lagi taat. Sementara orang yang kesulitan dan berat jika membaca Al-Quran, maka ia mendapatkan dua pahala.” (HR. Bukhari dan Muslim)
  5. Kelima, mengangkat derajat. Nabi SAW. bersabda, “Sesungguhnya Allah akan mengangkat derajat beberapa kaum dengan Alkitab (Al-Quran), dan Ia akan merendahkan derajat suatu kaum yang lain dengannya.” (HR. Muslim)
  6. Keenam, menjadi pembeda. Sabda Nabi SAW., “Perumpamaan orang mukmin yang membaca Al-Quran seperti buah limau yang harum baunya dan lezat rasanya. Perumpamaan orang mukmin yang tidak suka membaca Al-Quran seperti buah kurma yang tidak berbau, tetapi rasanya manis. Perumpamaan orang munafik yang membaca Al-Quran seperti buah yang harum baunya, tetapi rasanya pahit. Dan perumpamaan orang munafik yang tidak membaca Al-Quran seperti buah handhalah yang tidak ada baunya dan rasanya pahit.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Selain beberapa keutamaan diatas kita akan mempelajari lagi apa saja manfaat yang bisa kita dapatkan dari tadarus Al-Qur’an, berikut adalah beberapa diantaranya.

1. Pahala yang semakin berlipat ganda
Semua perbuatan baik yang di lakukan di bulan ramadhan pasti akan selalu dilipat gandakan pahalanya, tak terkecuali dengan tadarus Al-Qur’an. Terlebih jika kita bisa istiqomah dalam pengerjaannya, tentu saja kita bukan hanya akan panen THR melainkan juga akan memanen pahala yang tak terkira banyaknya. Selama kita melakukannya dengan niat hati yang ikhlas yang tanpa disertai riya’.

2. Memperkaya khasanah keilmuan dan semakin memperlancar bacaan
Manfaat lain dari tadarus Al-Qur’an adalah semakin bertambahnya ilmu seseorang, selain itu hal tersebut juga bisa menambah keimanan kita selama kita melakukannya tanpa pamrih. Dengan semakin sering membaca Al-Qur’an, kita bisa mengetahui lebih banyak hal besar yang selama ini belum kita ketahui

Dari sepenggal keterangan diatas kita bisa menyimpulkan bahwa ada begitu banyak manfaat dan faedah-faedah yang akan kita dapat jika kita rajin dan ikhlas melakukan salah satu amalan sunah di bulan ramadhan yang akan datang sebentar lagi. Semoga Allah selalu senantiasa memberikah rahmat dan kasih sayangnya kepada kita semua. Aaamiin

Image result for hikmah tadarus al quran

Advertisement

Comments

EDITOR CHOICE