TOP News
Home » Peristiwa » 10 Manfaat Puasa Ramadhan Untuk Kesehatan

10 Manfaat Puasa Ramadhan Untuk Kesehatan

Puasa merupakan salah satu amalan ibadah yang pasti pernah di lakukan oleh semua umat muslim dan termasuk salah satu rukun islam yang ke 3. Mengingat bulan ramadhan yang datangnya tinggal menghitung hari, sudah pasti kita sebagai umat muslim akan melakukan puasa wajib selama satu bulan penuh. Salah satu yang menjadi tantangan adalah kita harus bisa melawan hawa nasu kita sendiri dan belajar untuk lebih mengendalikan diri.

Tetapi di luar sana masih saja ada orang-orang yang masih enggan untuk melakukan puasa wajib di bulan yang sangat mulia ini. Andai saja mereka tahu bahwa ada begitu banyak manfaat dan hikmah puasa ramadhan yang bisa mempengaruhi beberapa aspek seperti kesehatan emosional dan lain sebagainya.

Berikut adalah beberapa manfaat berpuasa yang ternyata berpengaruh baik terhadap kesehatan.

1.Saat berpuasa sekitar 600 miliar sel dalam tubuh menghimpun diri agar dapat bertahan hidup. Ternyata hal ini terbukti bisa semakin memperkuat imun tubuh seseorang.
2.Memberi waktu jeda untuk sistem pencernaan supaya beristirahat.
3.Membebaskan tubuh dari racun dan kotoran (seperti tinja, urin, CO2, dan keringat) yang berarti membatasi suplai makanan yang masuk ke dalam tubuh. Dengan begitu kita bisa mengurangi risiko penumpukan bakteri dan virus seperti kuman yang merupakan racun di dalam tubuh.
4.Adanya peningkatan sel darah putih yang sangat penting bagi kekebalan tubuh terhadap berbagai infeksi.
5.Meningkatkan daya serap makanan yang semula hanya menyerap gizi sebesar 35 % dari semua gizi yang dikandung dalam makanan menjadi hampir mencapai 85 %.
6.Mencegah timbulnya obesitas yang sering menjadi pemicu penyakit berbahaya seperti jantung, hipertensi, dan gangguan kardiovaskuler.
7. Mampu memperbaiki fungsi-fungsi hormon dalam tubuh, termasuk hormon yang berkaitan dengan reproduksi.
8. Menjadi lebih awet muda karena cadangan energi yang tersimpan dalam tubuh (dalam sel kulit dan berbentuk lemak) dikeluarkan sehingga melancarkan pernafasan organ tubuh serta sel-sel penyimpannya yang menjadikan kulit segar dan lembut. Kulit yang semula kendur akan berganti makin kencang dan tidak gampang berkerut.
9. Mengobati stroke, hipertensi, hipotensi, diabetes melitus, pengerasan pembuluh darah.
10. Mencegah serangan kanker hati, kanker lambung, hepatitis, pendarahan otak; gangguan ginjal, radang tenggorokan, radang hidung, amandel, dan radang kandung kemih.

Setelah membeca keterangan diatas, tentu kita menjadi tahu apa saja manfaat menjalankan ibadah puasa untuk kesehatan. Selain itu, puasa ramadhan akan lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT dan semakin mempertebal keimanan seseorang. Semoga kita semua bisa melaksanan puasa ramadhan tanpa suatu halangan apapun dan dilancarkan hingga akhir menjelang hari raya Idul Fitri. Aaamiin

Related image

Advertisement

Comments

EDITOR CHOICE