TOP News
Home » Peristiwa » 3 Perbuatan Yang Mampu Menghapus Pahala Sedekah

3 Perbuatan Yang Mampu Menghapus Pahala Sedekah

Bulan ramadhan merupakan bulan penuh berkah yang dapat dinikmati umat islam. Jika kita sering melakukan perbuatan baik dan saling membantu terhadap sesama, Allah SWT akan memberikan pahala yang berlipat ganda. Karena bulan ramadhan merupakan bulan suci yang penuh dengan kemuliaan. Bulan dimana umat islam harus menjalankan puasa wajib sebulan penuh.

Sebagai umat islam hendaklah memperbanyak amal ibadah karena ketika bulan suci ramadhan Allah SWT akan memberikan pahala yang berlipat ganda. Sebaliknya sangat disayangkan jika bulan ramadhan hanya melakukan perbuatan dosa. Allah SWT juga akan melipatgandakan dosa yang telah kita lakukan. Kita harus selalu berbuat kebaikan agar tidak mendapatkan dosa besar.

Salah satu amal ibadah yang dilakukan umat islam adalah bersedekah. Ketika kita bersedekah di bulan ramadhan maka akan mendapatkan pahala yang lebih dari bulan biasanya. Kita harus tetap waspada agar sedekah yang dikeluarkan dengan ikhlas tidak terhapus sia-sia. Karena ada beberapa hal yang mampu menghapus sedekah kita ketika bulan ramadhan

3 Perbuatan Penghapus Pahala Sedekah

1. Menyebut sedekah pada orang yang disedekahi
Menyebut sedekah kepada orang yang disedekahi menunjukan bahwa dirinya lebih kaya dibanding dengan orang yang diberi sedekah tersebut, hal ini termasuk dalam perbuatan tercela. Jika ingin bersedekah kita tidak perlu bilang sedekah pada orang yang disedekahi maupun berbicara kepada orang lain jika pernah bersedekah banyak. Karena Allah paling tidak suka jika sedekah diperlihatkan pada banyak orang.

2. Menyakiti hati orang yang diberi sedekah
Bersikap sombong pada orang yang diberi sedekah merupakan perbuatan yang sangat dibenci Allah SWT. karena Allah SWT tidak suka melihat umatnya yang memiliki perilaku sombong. Setiap perbuatan yang menyakiti orang lain baik agama maupun kehormatan dapat menghapus pahala sedekah. Merendahkan kedudukan orang lain akan dapat menghapus pahala sedekah walaupun jumlah sedekah yang dikeluarkan sangat banyak, karena Allah SWT tidak memandang dari banyaknya sedekah melainkan adalah sebuah keikhlasan.

3. Perbuatan Riya
Perbuatan yang dilakukan dengan cara memperlihatkan amal ibadah kepada orang lain untuk mendapatkan pujian. Jika umat islam riya’ dalam amalan sedekahnya maka Allah SWT juga akan menghapus pahala dari amalan tersebut. Karena Allah SWT paling tidak menyukai bila melihat hambanya suka pamer.

Selain menjalankan puasa wajib bulan ramadhan kita akan mendapat pahala banyak dari Allah SWT bila melakukan kebaikan. Pahala yang diberikan kepada kita di bulan ramadhan akan berlipat ganda. Agar pahala tersebut tidak terhapus dengan kecerobohan kita yang menyakiti hati orang lain, maka harus tetap berhati-hati dalam berbicara dan berbuat sesuatu. Semoga Allah SWT memudahkan untuk ikhlas di setiap amal ibadah yang kita lakukan.

Image result for bersedekah murah rezeki

Advertisement

Comments

EDITOR CHOICE