TOP News
Home » Peristiwa » 5 Tanda-Tanda malam Lailatul Qadar

5 Tanda-Tanda malam Lailatul Qadar

Diwarta.com Lailatul Qadar (Arab: لیلة القدر‎) adalah satu dari 30 malam lain yang ada di bulan ramadhan. Malam lailatul qadar memiliki keistimewaan tersendiri karena di malam ini terdapat satu ketetapan Allah yang mana Allah mengutus malaikat Jibril untuk menurunkan Al-Qur’an kepada Rasulullah SAW yang menjadi pedoman hidup umatnya.

Malam ini disebut di dalam al-Qur’an dalam surah Al-Qadr, dan diceritakan lebih baik daripada seribu bulan. Siapapun yang beriman pasti sangat menginginkan mendapat keberkahan dari malam lailatul qadar. Barang siapa yang melakukan ibadah dan semua amal kebajikan di datangnya lailatul qadar Allah akan melipat gandakan pahalanya 29.500 kali. Nominal tersebut setara dengan apabila kita beribadah selama seribu 1000 bulan atau lebih dari 83 tahun.

Tidak akan ada satu orangpun yang bisa mengetahui kapan datangnya malam lailatul qadar di bulan ramadhan. Namun menurut beberapa hadis, malam ini jatuh pada 10 malam terakhir pada bulan ramadan, tepatnya pada salah satu malam ganjil yakni malam ke-21, 23, 25, 27 atau ke-29. Bagaimanapun juga antara hikmah malam ini dirahsiakan agar umat Islam rajin beribadat di sepanjang malam khususnya di sepuluh malam yang terakhir. Tetapi Allah telah memberikan beberapa tanda-tanda akan datangnya malam lailatul qadar seperti berikut ini.

1. Matahari akan terbit dengan sinarnya yang jernih dan teduh. Rasulullh SAW bersabda yang artinya “Subuh di malam lailatul qadar matahari terbit tanpa sinar seolah-olah mirip bejana hingga matahari itu naik”. (HR.Muslim)

2. Dimalam laiatul qadar, udara tidaklah dingin tidak pula panas, angin bertiup sepoi-sepoi dan tidak ada badai.

3.Malaikat akan menurunkan ketenangan sehingga manusia bisa merasakannya. Yang mana mereka bisa merasakan kenikmatan beribadah sesungguhnya yang tidak akan di dapat di malam-malam yang lain.

4. Ada yang berkata orang yang menemui malam lailatul qadar ia melihat nur yang terang benderang di segenap tempat hingga di segala sudut alam semesta ini yang gelap gelita.

5. Ada pula yang mendengar ucapan salam dan kata-kata yang lain dari malaikat. Ada juga yang berkata ia melihat segala benda termasuk pohon-pohon kayu rebah sujud. Ada pula yang berpendapat bahwa doa permohonannya makbul.

Dari penjelasan diatas, kita pasti menginkinkan dapat menemui datangnya lailatul qadar yang tidak akan pernah kita ketahui kedatangannya. Semoga di ramadhan kali ini Allah SWT masih mempertemukan kita semua dengan indahnya malam lailatul qadar.

Image result for malam lailatul qadar

Advertisement

Comments

EDITOR CHOICE