TOP News
Home » Peristiwa » 5 Tempat Yang Sering Dibersihkan Sebelum Bulan Ramadhan

5 Tempat Yang Sering Dibersihkan Sebelum Bulan Ramadhan

Bulan ramadhan merupakan bulan yang ditunggu-tunggu umat muslim. Karena dalam bulan ramadhan umat muslim dapat menjalankan ibadah dengan khuyuk dan juga akan diberikan pahala yang melimpah. Dengan melakukan sesuatu yang hal baik umat muslim akan diberikan pahala yang berlipat ganda di bulan ramadhan.

Sebagai umat muslim sangat disayangkan jika tidak melakukan kebaikan di bulan ramadhan. Bulan yang hanya datang satu tahun sekali dan memiliki keberkahan yang luar biasa. Dengan beribadah akan meningkatkan tali persaudaraan dan dapat lebih dekat lagi dengan Allah SWT.

Agar ibadah lebih nyaman dan aman maka sebagai umat muslim kita juga harus membersihkan tempat-tempat yang akan digunakan untuk beribadah dan identik dengan pembersihan rumah. Karena aktivitas di bulan puasa nantinya akan terbatas Agar dapat terfokus pada ibadah, kita harus membersihkan banyak tempat ketika menjelang bulan ramadhan.

Tempat yang perlu dibersihkan Menjelang Ramadhan

1. Membersihkan Mushola
Mushola harus diperhatikan dalam perbersihan. Mulai dari mencuci karpet, mukena, sajadah hingga peci.
Tidak hanya itu, area wudhu di ruang mushola juga harus dibersihkan dengan menyikat lantai untuk menghilangkan noda dan kotoran. Jika ruang ibadah sudah dalam keadaan bersih, kita akan semakin tenang dan nyaman saat beribadah selama bulan puasa.

2. Membersihkan Kamar mandi
Menjaga kebersihan kamar mandi sangat penting, termasuk dalam rangka menyambut bulan puasa. kita harus menggosok seluruh lantai kamar mandi, bath tub dan bak penampungan air. kita perlu menguras bak penampungan air tersebut, minimal seminggu sekali untuk menghindari jentik-jentik nyamuk. Cermin dan wastafel di kamar mandi juga harus kita lap dan bersihkan. Setelah bersih kita dapat memberi pengarum ruangan dengan wangi-wangian yang kita sukai.

3. Membersihkan Ruang keluarga
Ruang keluarga sering kotor karena sering digunakan untuk berkumpul, mulai dari menonton televisi hingga makan bersama sehingga kebersihannya harus tetap terjaga.

4. Membersihkan Taman
Taman harus dibersihkan karena merupakan salah satu tempat khusus untuk menunggu berbuka puasa dengan berkumpul bersama keluarga sambil menkmati senja di taman rumah. Kita dapat membersihkannya dengan memangkas rumput. Kemudian, daun-daun kering dan ranting yang sudah patah serta berjatuhan perlu disapu dan dibersihkan.

5. Membersihkan peralatan Dapur
Ruang dapur dan peralatan dapur sangat penting untuk dibersihkan. karena hidangan bulan ramadhan terkadang memerlukan peralatan masak khusus seperti panci kukusan berukuran besar, pisau besar untuk memotong daging hingga teko untuk menyeduh teh. Jika biasanya peralatan ini hanya disimpan di dalam lemari, maka kita perlu mengeluarkannya dan mulai membersihkannya sebelum puasa tiba.

Dengan peralatan, tempat beribadah dan rumah bersih akan menambah semangat kita ketika menjalankan ibadah puasa ramadhan. Kita harus membersihkannya terlebih dahulu agar tempat yang akan gunakan tidak kotor. Jika membersihkan pada bulan puasa kita semua akan dapat merasa kelelahan dan dapat membatalkan puasa.

Image result for mushola

Advertisement

Comments

EDITOR CHOICE