TOP News
Home » Peristiwa » Tips Mudik Hemat Kantong Dan Aman

Tips Mudik Hemat Kantong Dan Aman

Mudik adalah salah satu kegiatan yang adanya sangat identik dengan bulan ramadhan dan momentum hari raya idul fitri. Mudik bagaikan magnet tersendiri yang sangat menarik jika di ulas lebih dalam mulai dari penentuan waktu, barang bawaan yang tak karuan banyaknya dan kondisi kesehatan yang mumpuni.

Mudik sudah seperti fenomena tahunan yang sudah menjadi tradisi kuat di Indonesia. Tidak peduli sejauh apapun kampung halaman, mudik lebaran pasti akan tetap di lakukan. Karena hari raya idul fitri adalah satu momentum khusus yang sangat di nantikan oleh semua orang. Apalagi hari raya juga identik dengan berkumpulnya semua anggota keluarga, saling bermaafan dalam suasana yang sangat membahagiakan.

Untuk itu, kita perlu memperhatikan beberapa hal yang erat kaitannya dengan perjalanan mudik. Berikut adalah beberapa tips mudik yang aman dan tentunya hemat.

1. Menentukan waktu
Saat Anda memutuskan untuk melakukan perjalanan mudik, hal pertama yang harus diperhatikan adalah waktu yang tepat untuk berangkat. Lalu transportasi apa yang yang akan di gunakan, transportasi darat (bus, mobil, motor, kereta api), transportasi udara (pesawat), atau transportasi air (kapal laut). Jika Anda sudah menentukan plihan, coba untuk mencari informasi harga tiket dan kuota yang tersedia. Agar tidak tergesa-gesa di kemudian hari.

2. Anggaran yang disiapkan
hal ini juga sama pentingnya untuk segera di atur, karena kalau tanpa perhitungan yang tepat akan membuat keuangan carut marut dan tidak tertata. Alhasil uang seberapapun bisa habis tanpa disadari, jika Anda melakukan perjalanan mudik menggunakan transportasi umum segera cari informasi mngenai harga tiket dan jadwal keberangkatan yang sesuai.

3. Kondisi tubuh
Yang paling utama ialah memastikan kondisi tubuh dalam keadaan fit sebelum melakukan perjalanan mudik. karena akan sangat merepotkan anggota keluarga lain jika tiba-tiba Anda sakit di tengah perjalanan. dan pastinya Anda juga akan merasa sangat tidak nyaman.

4. HP dan charger dalam keadaan yang baik
HP adalah satu-satunya alat komunikasi yang tentunya dimiliki oleh semua orang. Pastikan alat komunikasi Anda dalam keadaan baik dengan batrai yang full. Kalaupun tidak full pastikan Anda tidak meninggalkan charger dari tas kecil Anda. Hal ini untuk mengantisipasi jika tiba-tiba saja ada sesuatu yang terjadi di tengah jalan yang mengharuskan Anda untuk menelpon keluarga yang lain.

5. Kotak P3K
Meski berangkat tubuh dalam keadaan prima, hal ini tidak menjamin jika Anda akan terus sehat. Bisa saja Anda mengalami mabuk perjalanan, disinilah peran p3k sangat di butuhkan. Jadi jangan sampai lupa membawa kotak p3k dan pastikan lengkap isinya.

Meski fenomena mudik lebaran terjadi masih lama, namun setidaknya Anda sudah mempunyai gambaran dan persiapan yang matang untuk perjalanan mudik tahun ini. Semoga Anda selamat sampai kampung halaman dan dalam keadaan sehat.

Image result for gambar mudik

Advertisement

Comments

EDITOR CHOICE