TOP News
Home » Peristiwa » 5 Olahraga Ringan Di Bulan Ramadhan

5 Olahraga Ringan Di Bulan Ramadhan

Bulan ramadhan sebagai umat islam kita semua akan menjalankan puasa seharian dari terbit fajar hingga terbenamnya matahari. Kita juga harus tetap bekerja dan beraktivitas seperti biasanya. Ketika berpuasa kita akan sering kali merasa lemas dan malas untuk berolahraga dengan alasan perut yang tidak ada isinya.

Kita harus tetap menjalankan puasa ramadhan dengan penuh keikhlasan dan menghindari perbuatan yang akan dapat menyebabkan dosa. Bulan ramadhan kita hanya diperbolehkan makan jika sudah tiba waktu magrib hingga sahur. Biasanya kita akan makan lagi saat sahur. Dengan mengkonsumsi makanan yang tidak seperti biasanya tetapi akan melakukan aktivitas seperti biasa, hal tersebut juga dapat menurunkan kondisi kesehatan kita. Agar kesehatan tetap terjaga dengan baik walaupun bulan ramadhan kita harus tetap melakukan olahraga.

Olahraga Ringan Untuk Bulan Ramadhan

1. Yoga

Yoga akan menjaga pikiran tetap rileks. Yoga merupakan olahraga ringan yang mempercepat proses detoksifikasi di dalam tubuh. Prosesi yoga yang berfokus pada pelatihan teknik pernapasan, akan membantu proses penyuplaian oksigen ke dalam otak dan membantu kita untuk tetap merasa tenang dan nyaman saat berpuasa. Terutama memilih tempat yang tenang dan jauh dari keramaian.

2. Naik dan turun tangga
Olahraga ringan yang dapat dilakukan saat berpuasa adalah turun tangga, karena naik turun tangga selama kurang lebih 10 menit akan membantu menurunkan kalori di dalam tubuh sebesar 178 kalori. Melakukan olahraga ini dengan intensitas normal dan tidak berlebihan.

3. Jalan Cepat
Kita dapat melakukan olahraga jalan cepat di bulan ramadhan bersama rekan di tempat-tempat dan waktu yang tidak terbatas. Jalan cepat yang dilakukan selama kurang lebih 30 menit akan membantu kita untuk menjaga keseimbangan tubuh saat berpuasa.

4. Bersepeda
Bersepeda selama berpuasa dapat dilakukan pada pagi hari atau setelah subuh, dengan jenis sepeda statis ataupun dinamis. Aktivitas bersepeda selama kurang lebih 45 menit akan membakar sekitar 300 kalori untuk wanita, dan 350 kalori untuk pria.

5. Jogging
Jogging beberapa menit setelah melakukan sahur di pagi hari atau sore menjelang waktu berbuka.  Olahraga di pagi hari memungkinkan kita tidak merasa terlalu lelah, karena masih banyaknya energi yang tersimpan di dalam tubuh setelah sahur. Jogging ringan selama 20-30 menit untuk menjaga kebugaran tubuh. Jangan melakukan jongging yang berlebihan agar tidak dehidrasi.

Selama bulan ramadhan kita akan menjalankan puasa sebulan penuh. Jika keadaan tubuh tidak seimbang maka kita dapat terjatuh sakit dan tidak dapat melaksanakan puasa ramadhan. Sangat disayangkan jika kita tidak melaksanakan ibadah berpuasa karena pahala yang didapatkan akan berlipat ganda. Sebelum penyakit datang sebagai umat islam yang wajib untuk menjalankan ibadah puasa maka kita harus menjaga kesehatan dengan sebaik-baiknya.

Related image

Advertisement

Comments

EDITOR CHOICE