TOP News
Home » Peristiwa » Rukun Puasa Yang Harus Anda Ketahui

Rukun Puasa Yang Harus Anda Ketahui

Diwarta.com – Semua umat muslim pasti akan menyambut dengan penuh suka cita datangnya bulan ramadhan, termasuk dengan beberapa keunikan ramadhan, kewajiban dan larangan yang dilakukan di bulan yang penuh kemuliaan ini. Tentu saja ini akan menjadi tantangan bagi kita semua, dimana kita akan mulai berlatih untuk lebih menyabarkan diri, menahan hawa nafsu yang merupakan musuh terbesar kita semua.

Tak lepas dari itu, kita semua tahu bahwa di bulan ramadhan kita akan mendapat satu kewajiban untuk berpuasa satu bulan penuh yang merupakan salah satu rukun iman. Yang mana dalam menjalankan puasa ramadhan kita mendapat beberapa aturan yang harus kita jalankan. Selain itu kita juga harus mengetahui secara pasti apa saja yang menjadi syarat dan rukun dalam menjalankan puasa ramadhan. Kali ini kita akan mempelajari lebih dalam apa saja yang menjadi rukun puasa ramadhan.

Rukun Puasa Ramadhan
1. Niat
Niat adalah permulaan dari semua hal yang akan kita jalankan. Entah itu yang berhubungan dengan lahiriah atau batiniah seseorang. Yaitu kehendak (qasad) melakukan puasa yang tempatnya di hati, tidak cukup dengan hanya melafazkannya dengan lidah dan tidak disyaratkan melafazkannya. Inilah yang orang sering salah kaprah dalam penunaian niat, bahwa niat itu tidak harus di lafazkan melainkan cukup niat di hati saja. Untuk niat puasa ramadhan lebih baik di lakukan di waktu malam setelah sholat tarawih atau misalkan tidak sempat usahakan Anda berniat sebelum terbit fajar.

2. Menahan diri dari segala sesuatu yang membatalkan puasa mulai dari terbit fajar hingga terbenam matahari.

Hal-hal yang membatalkan puasa ramadhan
Ada beberapa perkara yang bisa membatalkan puasa ramadhan jika Anda sengaja melakukannya. Diantaranya adalah:
a. Makan dan minum yang disengaja
Makan dan minum yang di sengaja bisa membatalkan puasa meskipun hanya sedikit, tetapi ketika itu dilakukan dengan tidak sengaja meski sebanyak apapun tidak akan membatalkan fardhunya puasa ramadhan.

b. Muntah yang di sengaja.
Jika muntah terjadi karena masuk angin atau perut mual puasa yang Anda lakukan tidak akan batal, namun jika sengaja di lakukan seperti dimasukkan sesuatu kedalam mulutnya atau jari ke pangkal kerongkongannya atau dengan cara lain yang mengkibatkan dia muntah dan puasanya menjadi batal.

c. Haid dan Nifas
Jika seorang wanita yang menjalankan puasa ramadhan lalu tiba-tiba keluar darah haid atau ia melahirkan dan mengalir darah nifas, maka puasa yang ia lakukan batal dan di wajibkan mengganti di lain hari.

d. Gila
Gila yang di maksud adalah gila menahun yang bisa kambuh tiba-tiba tanpa ada penentuan waktu. jika seseorang mengalami hal ini di siang hari maka di wajibkan baginya mengganti puasa sebanyak yang ia tinggalkan.

Keterangan diatas merupakan sebagian dari sekian banyak ilmu yang mengupas rukun puasa serta perkara yang membatalkan puasa ramadhan. Semoga kita bisa menjalankan puasa ramadhan di tahun ini dengan penuh keberkahan dan di lancarkan hingga hari raya menjelang. Aaamiin

 

Image result for rukun puasa

Advertisement

Comments

EDITOR CHOICE