TOP News
Home » Peristiwa » 5 Cara Mengatur Keuangan Di Bulan Ramadhan

5 Cara Mengatur Keuangan Di Bulan Ramadhan

Bulan ramadhan merupakan bulan yang hanya datang satu kali saja dalam setahun. Di bulan tersebut kita umat islam dianjurkan untuk tetap beribadah dan sering berdekat diri kepada Allah SWT. Bulan ramadhan merupakan bulan dimana amal ibadah kita akan dilipat gandakan, Dan apapun kegiatan yang kita kerjakan untuk tujuan kebaikan juga akan diberikan pahala.

Bulan ramadhan kita akan menjalankan puasa seharian penuh dan boleh mengkonsumsi makanan jika sudah tiba waktu berbuka yaitu magrib. Sebelum berbuka kita pasti akan menyiapkan makanan yang tidak seperti biasanya. Makanan yang dimasak akan lebih spesial dan banyak. Kita juga harus menjaga dan mempersiapkan keuangan di bulan ramadhan.

Meskipun di bulan puasa ramadhan kita akan jarang makan, tetapi pengeluaran yang kita keluarkan akan lebih banyak dari bulan-bulan sebelumnya. Mahalnya biaya makan dan ajakan berbuka bersama teman merupakan faktor utama yang akan membuat pengeluaran meningkat. Ada beberapa cara untuk mengatur dan menjaga keuangan dengan baik.

Cara Mengetur keuangan di Bulan Ramadhan

1. Selalu catat pengeluaran harian
Memantau uang yang dihabiskan dalam sehari. catatan ini berguna untuk mengingatkan kita agar lebih hemat dalam mengeluarkan keuangan. Dengan mencatat keuangan kita tidak akan sadar jika keuangan menjadi lebih teratur dan hemat karena selalu mengetahui berapa banyak uang yang keluar.

2. jangan Sering Berbuka Di luar
Sudah melaksanakan puasaa seharian penuh. Hati akan merasa senang dan gembira jika berkumpul dengan teman meupun keluarga untuk berbuka bersama di restoran. Hal ini juga akan mempengaruhi pengeluaran kita. Harga makanan di luar akan lebih mahal karena bahan pokok juga melonjak. Akan lebih baik jika kita berbuka puasa dirumah dengan makanan sederhana.

3. Tahan Berbelanja
Selama bulan ramadhan kita harus menjaga hasrat makan dan minum, agar keuangan tetap hemat sebaiknya tahan juga untuk belanja yang berlebihan seperti pakaian. Banyak promosi diskon yang menarik yang akan membuat tergoda. Kita harus menahan diri agar tidak boros, penuhi kebutuhan yang paling utama dan jika ada uang lebih kita boleh menggunakan untuk berbelanja.

4. Berkomitmen dengan rencana keuangan
Memiliki komitmen yang teguh akan membuat kita tetap menjalani perencanaan yang sudah dibuat. Mengatur keuangan menjadi lebih mudah dan dapat terkontrol. Menjaga terus komitmenmu pada rencana di awal bulan.

5. Membuat Rencana Keuangan
Sebelum memulai bulan ramadhan, kita harus membuat daftar yang jelas untuk menentukan prioritas dalam mengalokasikan penghasilan. Menyisihkan uang untuk makanan berbuka dan sahur. Tetapkan anggaran yang sesuai, tidak terlalu kecil dan juga jangan terlalu besar. Jangan lupa alokasikan uang untuk membeli baju baru, barang-barang bagi kita atau sanak keluarga. Dan jangan sampai lupa menyisihkan uang untuk bersedekah. Masih banyak orang yang membutuhkan bantuan kita. Perhitungkan anggaran bulan ramadhan dengan jelas dan masuk akal.

Selama bulan ramadhan kita harus mengatur keuangan. Hal yang sangat penting dan perlu dilakukan. Mengatur keuangan dengan hemat bukan berarti kita harus pelit dan tidak bisa bersedekah. Hemat bukan alasan kita tidak dapat berbagi dengan sesama. Membantu orang lain yang membutuhkan pertolongan merupakan perbuatan yang sangat baik dan akan diberikan pahala berlipat ganda oleh Allah SWT.

Image result for uang

Advertisement

Comments

EDITOR CHOICE