TOP News
Home » Peristiwa » 3 Tradisi Di Indonesia Dalam Menyambut Bulan Ramadhan

3 Tradisi Di Indonesia Dalam Menyambut Bulan Ramadhan

Diwarta.comBulan ramadhan akan tiba dalam beberapa hari lagi, ada banyak tradisi di Indonesia dalam menyambut datangnya bulan penuh berkah yang hanya terjadi satu tahun sekali. Tentu saja momen ini dimanfaatkan sebaik mungkin oleh para masyarakat, ternyata ada beberapa tradisi unik yang sering di lakukan menjelang bulan ramadhan. Berikut adalah diantaranya.

1. Nyekar
Nyekar adalah tradisi menabur bunga di pusaran keluarga yang telah meninggal menginjak datangnya bulan ramadhan, tradisi ini berjalan di hampir seluruh wilayah di Indonesia. Mereka akan berdo’a dan memohon ampunan untuk keluarga yang telah meninggal.

2. Tahlil Akbar
Tradisi ini berupa pembacaan tahlil dan surat yasin yang di lakukan di masjid atau mushola sebagai ungkapan rasa syukur atas datangnya bulan ramadhan. Biasanya dibarengi dengan acara baritan yang di gelar di persimpangan jalan-jalan di kampung.

3. Megengan/ Apeman / Ruwahan
Tradisi megengan paling banyak di lakukan di daerah Jawa Timur-an. Biasanya tradisi ini di lakukan di mushola dekat rumah yang diawali dengan pembacaan tahlil bersama yang kemudian di lanjutkan dengan makan-makan yang telah di bawa dari rumah. Tradisi megengan hampir sama dengan baritan yang bertujuan sebagai ungkapan rasa syukur atas datangnya bulan ramadhan dan permohonan harapan semoga mendapat segala keberkahan di bulan yang penuh dengan kemuliaan ini.

Beda daerah beda pula tradisi yang di lakukan, namun beberapa tradisi diatas merupakan tradisi yang paling umum dilakukan. Selain itu ada pula tradisi mandi bersama di sumbermata air yang di yakini sebagai tempat yang di keramatkan dengan tujuan pemebrsihan dan penyucian diri menyambut bulan berkah ini.

Image result for gambar tradisi menyambut ramadhan

Advertisement

Comments

EDITOR CHOICE