TOP News
Home » Peristiwa » 5 Amalan Bulan Ramadhan Bagi Wanita Haid Dan Nifas

5 Amalan Bulan Ramadhan Bagi Wanita Haid Dan Nifas

Diwarta.com – Islam adalah agama yang rahmatan lil’alamiin, salah satu ke istimewaannya adalah hadirnya bulan ramadhan yang akan tiba beberapa hari lagi. Sekarang pun kita sudah bisa merasakan euforia yang menggebu-gebu. Diwajibkannya melakukan puasa ramadhan menjadi sesuatu yang menarik yang merupakan ke khasan dari datangnya bulan ramadhan.

Selain itu ada beberapa sayarat, rukun dan perkara yang di perbolehkan untuk tidak melakukan puasa ramadhan. Salah satu yang di perbolehkan tidak berpuasa adalah perempuan yang sedang haid atau nifas, hal ini pasti akan di rasakan oleh semua perempuan yang sudah menginjak masa baligh. Tidak mendapat pahala puasa ramadhan dan harus mengganti di lain hari menjadi sesuatu yang selalu di rasakan.

Makan dari itu islam menganjurkan beberapa amalan lain yang sama mendapat pahala ramadhan mesti tak sama dengan melakukan puasanya. Berikut adalah beberapa diantaranya:

1, Berdzikir

Dzikir merupakan salah satu amalan sunah yang memiliki efek dapat menenangkan diri dan semakin mendekatkan hati kepada sang pencipta. Kita bisa membaca kalimat-kalimat tayyibah atau menyebut asma-asma Allah dalam asmaul khusna yang memiliki faedah tersendiri. Dengan berdzikir hati dan fikiran akan merasakan ketenangan.

2. Membaca Buku Islami

Selain berdzikir membaca buku islami juga bisa di jadikan alternatif cara untuk mendapat keberkahan bulan ramadhan. Dengan membaca buku kita bisa mendapat tambahan ilmu dan semakin memperluas wawasan. Dengan itu kita bisa memahami islam dengan lebih mudah.

3. Bersedekah

Sedekah merupakan kegiatan yang sangat bermanfaat bagi siapa saja, untuk sang pemberi maupun sang penerima. Allah tidak memandang apa yang kita keluarkan dan seberapa banyak, namun Allah melihat keikhlasan dan ketulusan hati kita.

4. Menyiapkan Menu Berbuka dan Sahur

“Siapa memberi makan orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikit pun juga.”

Salah satu yang menjadi amalan lain di bulan ramadhan adalah memberikan menu berbuka bagi siapa saja. Allah selalu membuka pintu pahala selebar-lebarnya bagi siapa saja yang melakukan amal baik di bulan ramadhan. Dan hadist Rasulullah SAW diatas sebagai salah satu bukti.

5. Mengikuti Kegiatan Majlis Ta’lim

Mengikuti acara atau kegiatan keilmuan akan menambah wawasan dan pengetahuan seseorang, tak terkecuali bagi perempuan-perempuan yang sedang haid atau nifas. Kegiatan ini bisa kita jadikan sebagai alternatif amalan di bulan ramadhan. Dengan mengetahui lebih banyak kajian mengenai islam kita akan lebih mudah untuk interopeksi diri dan memperbaiki sesuatu yang masih kurang dalam diri kita. Selain itu kita juga bisa lebih mengenal sesama saudara semuslim melalui kegiatan ini.

Semoga penjelasan diatas bisa menjadi referensi kita semua dalam menyongsong datangnya bulan ramadhan yang sudah tinggal menghitung hari ini. Semoga Allah juga akan melimpahkan segala rahmat dan kasih sayangnya kepada kita semua hingga akhir bulan amadhan nanti. Aaamiin

Related image

Advertisement

Comments

EDITOR CHOICE