TOP News
Home » Peristiwa » 6 Hal Yang Identik Dengan Ramadhan di Indonesia

6 Hal Yang Identik Dengan Ramadhan di Indonesia

Diwarta.com – Indonesia merupakan negara kepulauan yang sangat identik dengan aneka ragam budaya yang menjadi ciri khas negri ini. Bulan ramadhan yang usdah menghitung hari ini tentu saja menjadi sebuah momen yang di tunggu-tunggu karena suasana dan semua keunikan yang hanya ada di bulan ramadhan saja.

Sama seperti negara-negara lain yang memiliki kebudayaan atau kegiatan yang khas di bulan ramadhan, Indonesia juga tak kalah menarik dengan semua serbi ramadhan yang tentu saja akan selalu dirindukan kehadirannya. Lalu kebiasaan dan sesuatu apa saja yang Indonesia banget? Berikut adalah beberapa diantaranya.

1. Pesta kembang api atau petasan
Petasan, mercon dan kembang api adalah satu diantara sekian banyak sesuatu yang khas pada bulan ramadhan di Indonesia. Biasanya anak-anak akan menyalakan petasan pada malam setelah sholat taraweh atau pagi hari setelah sholat subuh. Saat ini saja sudah ada ribuan toko yang menjual kembang api atau petasan, suara memekakan telinga dan warna-warni yang banyak di sukai anak-anak menjadi daya tarik tersendiri. Asal ada pendampingan orang tua, sah-sah saja jika anak kecil ikut menyemarakkan bulan ramadhan yang tinggal menunggu hari ini.

2. Mudik dan Macet
Dua hal ini memang sangat identik dengan lebaran di Indonesia. Seberapa jauh kampung halaman, bagi mereka yang berada di tanah rantau pasti akan menyempatkan untuk melakukan perjalanan mudik lebaran meski harus berjejal di jalanan atau merasakan sesaknya kendaraan umum. Kemacetan yang menjadi topik utama pemberitaan juga tak menyurutkan niat para pemudik yang ingin segera berjumpa dengan kampung halaman.

3. Tiket KA yang ludes terjual H-40 Ramadhan
Menjadi salah satu transportasi umum yang menjamin kenyamanan berkendara jauh dan keamanan tingkat tinggi membuat tiket kereta api selalu diburu habis-habisan. Sudah bukan fenomena asing lagi jika tiket kereta api akan ludes pada h-40 ramadhan atau malah dua bulan sebelumnya.

4. Masjid yang penuh sesak diawal hingga pertengahan ramadhan
Sudah menjadi rahasia umum jika hanya pada waktu itu saja masjid akan penuh sesak oleh para umat muslim yang menunaikan sholat berjamaah di masjid-masjid perkampungan. Selain masih merasakan euforia ramadhan yang selalu dinantikan, semangat beribadah pun juga masih terisis penuh. Namun sebisa mungkin kita harus tetap memenuhi masjid atau mushola hingga ramadhan berakhir dan berganti bulan syawal.

5. Inflasi disana sini
Sudah menjadi pemberitaan khas di bulan ramadhan jika harga sembako dan bahan lain akan meningkat drastis di akhir ramadhan atau menjelang ramadhan. Hal ini di latar belakangi oleh antusiasme berbelanja masyarakat yang semakin mendekati titik puncak pada waktu-waktu tersebut. Selain itu menjelang hari raya banyaknya para pedagang yang mudik dimanfaatkan oleh yang lain sehingga menjadi salah satu faktor pendukung naiknya harga kebutuhan pokok.

6. Pesantren kilat yang menjamur dimana-mana
Sudah menjadi rahasia umum jika ramadhan menjelang pasti akan ada kegiatan pesantren kilat yang menjadikan pelajar-pelajar kelas menengah menjadi sasarannya. Biasanya mereka akan bermukin disekolah atau pesantren-pesantren lain dalam kurun waktu yang di tentukan oleh pihak sekolah.

Entah kebetulan atau sudah menjadi agenda wajib, namun beberapa hal diatas selalu terjadi pada bulan ramadhan yang akan semakin menambah kerinduan kita akan bulan yang penuh kemuliaan ini. Semoga di ramadhan tahun ini kita bisa menjalankan kewajiban dan beberapa kegiatan lain dengan penuh tanggung jawab. Semoga kita senantiasa mendapat keberkahan di bulan yang istimewa ini. Aaamiin

Related image

Advertisement

Comments

EDITOR CHOICE