TOP News
Home » Peristiwa » 4 Fenomena Menarik Yang Hanya Ada Di Bulan Ramadhan

4 Fenomena Menarik Yang Hanya Ada Di Bulan Ramadhan

Diwarta.com – Ramadhan yang tinggal menghitung hari tentu saja ditandai dengan beberapa hal yang hanya terjadi menjelang datang nya bulan berkah ini saja. Seperti halnya nyekar di pusaran keluarga yang sudah meninggal, acara tahlil bersama dan beberapa tradisi lain di beberapa daerah di Indonesia seperti halnya selamatan atau yang biasa di sebut dengan manggulan atau megengan (istilah Jawa Timuran).

Selain itu seperti maraknya penjual jajanan di sore hari atau takjil, penjual petasan yang mangkal di beberapa sudut jalan kota hingga warung kelontong yang ada di kampung-kampung. Semua ini hanya ada di bulan ramadhan saja. Selain itu masih ada beberapa fenonema menarik dari keberkahan lainnya yang hanya akan kita jumpai di indahnya bulan ramadhan. Apa saja ya?

1. Sahur On The Road
Entah kita sadari atau tidak, yang pasti sahur on the road ini akan marak pada bulan ramadhan. Bisa saja sebuah organisasi, club-club anak muda atau bahkan perseorangan, jika ramadhan telah tiba secara spontan mereka akan membagikan makan sahur gratis di jalan-jalan umum yang banyak di lalui pengendara atau pemudik dan beberapa orang yang membutuhkan. Selain sebagai kegiatan sosial, sahur on the road merupakan kegiatan beramal yang dilakukan sejak dini hari. Kita juga bisa menikmati indahnya berbagi di bulan yang penuh kemuliaan ini.

2. Membangunkan sahur keliling kampung
Sudah menjadi tren tersendiri jika waktu sahur para remaja, orang tua bahkan anak-anak gemar berjalan keliling kampung dengan membawa alat musik tradisional seperti kentongan sebagai senjata andalan mereka. tidak hanya itu saja, banyak diantara mereka yang membawa galon-galon kosong sebagai salah satu alat yang menghasilkan suara jika di pukul. Tidak hanya itu saja, semua peralatan yang menghasilkan suara pasti akan mereka gunaan untuk menyemarakan membangunkan sahur para warga.

3. Ngabuburit
Entah dari mana asal kata itu, namun yang pasti jalan-jalan di sore hari bulan ramadhan ini mendapat sebutan ngabuburit, meski kita menjalankan puasa tarwiyah dan puasa arofah yang mengawali datangnya hari raya idul ahda namun jalan-jalan sore pada 2 hari ini tak mendapat sebutan ngabuburit. Biasanya mereka yang ngabuburit juga kan berburu takjil sebagai menu pelengkap buka puasa.

4. Perubahan jam kerja
Sudah seperti menjadi peraturan wajib, jika pada bulan ramadhan jadwal pulang kerja akan semakin cepat. Hal ini dikarenakan pada bulan ramadhan jam makan siang akan di hapus dan memajukan jam pulang. Tidak hanya itu saja, biasanya lembaga sekolah juga akan meliburkan siswa siswinya di awal bulan ramadhan. Inilah satu dari sekian banyak berkah ramadhan.

Semoga kita bisa melewati ramadhan kali ini dengan lancar tanpa halangan dan bisa bertemu dengan indahnya hari raya idul fitri. Sebuah kemenangan dari ujian yang kita jalani.

Image result for gambar sahur onthe road

Advertisement

Comments

EDITOR CHOICE