TOP News
Home » Peristiwa » 3 Cara Mengajarkan Anak Agar Mau Berpuasa

3 Cara Mengajarkan Anak Agar Mau Berpuasa

Puasa ramadhan diwajibkan untuk dijalankan oleh umat muslim. Puasa yang hanya datang satu tahun sekali harus dijalankan dan kita dianjurkan untuk memperbanyak kebaikan. Allah SWT akan memberikan pahala yang berlipat ganda jika kita melakukan kegiatan dan perbuatan baik di bulan suci ramadhan.

Bulan Ramadhan merupakan bulan yang sangat tepat untuk melatih, mengajarkan dan mendisiplinkan anak berpuasa.Tidak ada salahnya jika melatih puasa sejak kecil untuk berpuasa menahan lapar dan godaan makanan. Anak mungkin belum kuat jika harus berpuasa seharian penuh, dengan melatihnya agar terbiasa berpuasa maka kita dapat menyuruhnya setengah hari saja. Agar anak mau dan semangat menjalankan puasa kita harus memberikan banyak pelajaran dan pengetahuan.

Cara Mengajarkan Puasa Ramadhan

1. Mengajak anak menyiapkan makanan
Ketika ramadhan tiba, kita dapat mengajak dan berinteraksi dengan anak yang baru pertama kali berpuasa untuk menyiapkan makanan sahur dan berbuka. Biarkan anak membantu kita di dapur atau menata makanan di atas meja makan. Dengan demikian, dia merasa lebih tertantang serta bersemangat menyiapkan sahur dan buka puasa selanjutnya.

2. Mengajak Anak ke Masjid
Dengan pergi ke masjid membuat anak merasa lebih dekat dengan Islam dan Allah SWT dengan mendengarkan ceramah atau belajar mengaji. Di dalam masjid dia akan bertemu teman sebaya yang juga sedang belajar puasa dan kita dapat berbagi pengalaman seputar mengajarkan anak puasa dengan orang tua lainnya.

3. Memberi Penjelasan tentang Bulan Ramadhan
Beritahu anak tentang bulan puasa ramadhan. Kita dapat mengajarkan kepada anak pentingnya bulan ramadhan dan sejarah berpuasa melalui metode mendongeng sehingga anak tidak bosan mendengarnya. Cerita yang menarik akan membuat anak penasaran untuk mencoba berpuasa. Jika anak berpuasa untuk pertama kalinya, kita harus mengajarkan dia tentang hal-hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan selama berpuasa.

Menjalankan puasa ramadhan harus dilatih sejak kecil, agar dapat terlatih hingga anak tumbuh dewasa. Allah SWT juga akan memberikan pahala yang sangat besar kepada orangtua jika mengajarkan anak berpuasa karena hal tersebut merupakan sebuah kebaikan. Dengan ajaran orangtua yang baik anak akan menjadi mengetahui dan mengerti tentang perbuatan baik dan perbuatan buruk yang tidak disukai oleh Allah SWT.

Image result for keluarga muslim animasi

Advertisement

Comments

EDITOR CHOICE