TOP News
Home » Peristiwa » 3 Ganjaran Berpuasa Di bulan Ramadhan

3 Ganjaran Berpuasa Di bulan Ramadhan

Sebentar lagi kita umat muslim akan menjalankan puasa ramadhan sebulan penuh. Kita harus menahan haus dan lapar seharian penuh. Ketika menjalankan puasa ramadhan kita dilarang untuk melakukan perbuatan buruk dan jika kita tetap melakukannya maka Allah SWT akan memberikan dosa kepada kita yang berlipat ganda.

Bulan suci ramadhan adalah bulan yang di nanti-nanti umat muslim untuk memperbanyak ibadah dan kebaikan karena di bulan tersebut Allah SWT akan memberikan pahala bagi umatnya yang menjalankan puasa dan melakukan kebaikan. Bulan ramadhan juga dapat mempererat persaudaraan umat muslim karena setelah berpuasa seharian kita akan menjalankan sholat tarawih yang dilakukan secara berjamaah.

Puasa di bulan ramadhan akan berjalan ringan jika kita melakukan dengan ikhlas. Dan kita juga akan bersemangat untuk menjalankan amal kebaikan karena pahala yang diberikan Allah SWT sangatlah spesial di bulan ramadhan.

Ganjaran Dari Allah SWT Di Bulan Puasa Ramadhan

1. Pintu Surga khusus Arroyan bagi orang yang berpuasa
Sebuah hadits Rasulullah SAW memberitahukan kepada kita kemuliaan lain dari orang yang berpuasa, beliau menyebutkan dengan lisannya yang mulia: Sesungguhnya di surga ada sebuah pintu yang bernama Ar-Royyaan. Pada hari kiamat orang-orang yang berpuasa akan masuk surga melalui pintu tersebut dan tidak ada seorang pun yang masuk melalui pintu tersebut kecuali mereka. Dikatakan kepada mereka,’Di mana orang-orang yang berpuasa?’ Maka orang-orang yang berpuasa pun berdiri dan tidak ada seorang pun yang masuk melalui pintu tersebut kecuali mereka. Jika mereka sudah masuk, pintu tersebut ditutup dan tidak ada lagi seorang pun yang masuk melalui pintu tersebut.”(HR Bukhori Muslim)

ibadah puasa mempunyai kedudukan tersendiri dan sangat mulia, bagi mereka yang ikhlas berpuasa dan sukses dalam puasa Ramadhannya mendapatkan pintu khusus yang disebut dengan Arroyan.

2. Ampunan di sisi Allah SWT
Rasulullah SAW bersabda dalam Hadits yang singkat tetapi mempunyai nilai motivasi yang kuat bagi kita : “Barang siapa berpuasa Ramadhan dengan keimanan dan penuh pengharapan, maka akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu “ (HR Bukhori Muslim).

Berpuasa dengan penuh keikhlasan dan keyakinan, serta mengharap pahala yang agung dari Allah SWT, Kita harus Menjaganya agar tidak terkotori dengan noda-noda yang akan mengurangi nilai pahala.

3. Mendapatkan Syafaat
Syafaat atau pembelaan dari amal puasa. Sebagaimana jelas disebutkan Rasulullah SAW dalam haditsnya “Puasa dan al-Qur’an akan memberi syafa’at kepada seorang hamba pada Hari Kiamat. Puasa berkata, ‘Wahai Rabbku, aku telah menghalanginya dari makan dan syahwatnya di siang hari, maka izinkan aku memberi syafa’at kepadanya.’ Al-Qur`an berkata, ‘Aku telah menghalanginya dari tidur di malam hari, maka izinkan aku memberi syafa’at kepadanya” (HR Ahmad)

Puasa dan bacaan Al-Quran akan berubah menjadi pembela-pembela kita di akhirat nanti. Memperjuangkan kita dengan memberikan syafaat di ahirat

Puasa yang kita jalankan dengan ikhlas akan menjadi penolong di akhirat. Allah SWT akan memberikan banyak ganjaran jika kita menjalankan puasa sepenuh hati dan keikhlasan. Berpuasa di bulan ramadhan memiliki ganjaran yang sangat memuaskan. Agar kita tetap mendapatkan ganjaran dari Allah SWT kita harus menghindari perbuatan buruk dan terus ikhlas berbuat kebaikan.

Image result for ganjaran puasa

Advertisement

Comments

EDITOR CHOICE