TOP News
Home » Peristiwa » 5 Tips Sahur Agar Kuat Menjalankan Puasa Ramadhan

5 Tips Sahur Agar Kuat Menjalankan Puasa Ramadhan

Bulan ramadhan adalah bulan yang hanya datang satu kali saja dalam setahun. Ketika sudah datang bulan ramadhan umat muslim diwajibkan untuk menjalankan ibadah puasa. Bulan ramadhan umat muslim yang menjalankan puasa dan melakukan banyak kebaikan akan diberikan pahala yang berlipat ganda oleh Allah SWT.

Ketika menjalankan ibadah puasa tubuh akan lemah, karena perut sudah tidak ada isinya dan kita akan menahan lapar serta haus seharian. Kita diperbolehkan mengkonsumsi makanan jika sudah tiba waktunya berbuka puasa hingga sahur. Pola makan yang berubah selama bulan puasa harus disiasati dengan benar agar tubuh tetap sehat dan bugar.

Ketika sudah tiba waktu sahur kita harus bangun dan mengkonsumsi makanan agar tubuh tetap kuat. Ketika sahur kita harus memperhatikan hal-hal berikut ini

Tips Sahur Agar Kuat Berpuasa

1. Kita harus membatasi makanan yang terlalu manis dan mengandung banyak gula, karena makanan yang manis dapat membuat tubuh lemas di siang hari.

2. Kita harus mengatur waktu untuk menyantap sahur di akhir waktu. Selain berguna untuk menunjang puasa kita di siang hari, makan sahur di akhir waktu lebih diutamakan berdasarkan sunnah Rasul.

3. Ketika sahur jangan mengkonsumsi makanan yang berlebihan. Fokuslah untuk mengkonsumsi makanan yang kaya akan karbohidrat kompleks dan protein, serta buah dan sayuran. Mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak air selama sahur sangat baik untuk mencegah hidrasi tubuh sepanjang hari.

4. Sebelum waktu imsak tiba, minumlah air yang cukup, tiga hingga lima gelas. Sebaiknya hindari minuman berkafein seperti kopi dan teh karena bersifat diuretik dan membuat tubuh kehilangan cairan lebih cepat melalui urinasi.

5. Minumlah segelas susu untuk melengkapi nutrisi tubuh. Minum suplemen ataupun multivitamin yang biasa dikonsumsi ataupun yang disarankan oleh dokter.

Selain menjalankan ibadah puasa dengan ikhlas kita juga harus sahur agar tubuh tetap sehat. Jika kita tidak sahur tubuh akan cepat lemas karena di dalam tubuh sudah tidak ada nutrisinya. Waktu sahur harus dimanfaatkan dengan baik untuk mengkonsumsi makanan agar ketika menjalankan ibadah puasa kita dapat menjalaninya dengan penuh keikhlasan serta tubuh yang kuat.

Image result for olahraga kuat berhijab

Advertisement

Comments

EDITOR CHOICE