TOP News
Home » Dunia » 3 Penemuan Jenius Yang Tak Terduga

3 Penemuan Jenius Yang Tak Terduga

Diwarta.com – Ada banyak temuan para ahli di zaman dahulu yang tidak terduga akan sangat bermanfaat dan banyak dibutuhkan kehidupan manusia di zaman sekarang. Kebanyakan dari mereka hanya ingin coba-coba atau salah resep. Namun ternyata hasil dari percobaan yang tidak di sengaja ini menghasilkan sesuatu berbeda yang malah sangat bermanfaat.

Seperti salah satu contoh adalah penemuan minuman Kola ditemukan saat seorang ahli farmasi dari Atlanta bernama John Pemberton bereksperimen untuk menciptakan obat pereda sakit kepala. Ia mencampur segala macam bahan sehingga terciptalah apa yang kita sebut saat ini dengan minuman kola. Masih ada beberapa penamuan lain yang tak disangka akan menerima respon positif dari masyarakat luas. Berikut adalah list lanjutannya.

1. Alat Pendeteksi Smartdust
Smartdust adalah sebuah alat pendeteksi mikroelektrik-mekanis yang dapat mendeteksi berbagai macam hal seperti cahaya, temperatur, getaran, magnet, dan lain-lain. Beberapa saat kemudian ia mulai menyadari bahwa chip tersebut ternyata masih dapat berfungsi sebagai sensor, walaupun telah berubah menjadi kepingan-kepingan kecil. Kini Smartdust dipergunakan oleh orang atau lembaga yang berpihak kepada kejahatan atau bahkan militer yang dapat disalah-gunakan untuk memantau tiap individu hingga peperangan.

2. Plastik

Pada awal abad ke-20, shellac (atau “lak”, semacam bahan seperti plastik keras dan kaku) banyak digunakan dalam industri elektronik untuk membungkus perangkat-perangkat elektronik. Bahan dasar yang di butuhkan hanya berada di Asia Tenggara, jadi harus meng-import dulu dan tentunya harganya juga sangat mahal. Untuk itu seorang ahli kimia asal Belgia bernama Leo Hendrik Baekeland (1863-1944), pada tahun 1907 melakukan penelitian untuk menciptakan bahan alternatif shellac, karena berpikiran ia akan menghasilkan banyak uang jika dapat menjual bahan tersebut kepada industri elektronik. Alih-alih, penelitiannya menghasilkan sebuah bahan lentur yang dapat dibentuk dan cukup tahan akan panas. Ia memberi nama bahan ini “Bakelite”. Yang hingga saat ini kita masih membutuhkan dan mempergunakan untuk kebutuhan hidup sehari-hari.

3. Alat Pacu Jantung (Pacemaker)
Greatbatch pacemakerAlat pacu jantung ditemukan secara tidak sengaja oleh seorang insinyur bernama Wilson Greatbatch. Pada awalnya ia sedang bekerja untuk membuat suatu alat pencatat suara jantung. Namun secara tidak sengaja ia telah salah mengambil sebuah komponen elektronik dari kotak komponennya. Saat sedang bekerja, ia membutuhkan sebuah komponen elektronik bernama resistor yang seharusnya bernilai hambatan 10,000 ohm (atau 10 kilo ohm). Namun ternyata ia telah salah mengambil sebuah komponan elektronik bernama resitor tersebut dan memiliki nilai tahanan atau hambatan sebesar 1 megaohm (1 juta ohm). Hasilnya, sirkuit elektronik yang sedang ia kerjakan berdetak selama 1.8 milidetik, kemudian berhenti sementara selama 1 detik, sebelum mulai berdetak kembali. Dan ketika ia mengamati getaran itu mirip dengan detak jantung manusia. Ilmu kedokteran juga masih menggunakan alat ini jika sewaktu-waktu dibutuhkan.

Nah, keterangan diatas adalah beberapa penemuan yang tidak sengaja di temukan oleh para ilmuan masa lalu, yang hingga kini masih sangat bermanfaat untuk mendudkung kehidupan manusia.

Image result for gambar ahli fisika

Advertisement

Comments

EDITOR CHOICE