TOP News
Home » Peristiwa » 4 Keunikan, Perlu Berfikir Lagi Jika Ingin Menginjak Semut

4 Keunikan, Perlu Berfikir Lagi Jika Ingin Menginjak Semut

Semut merupakan binatang unik yang sering kita injak dan bunuh jika merambat pada tubuh. Binatang kecil ini sangat banyak sekali yang tinggal tanpa permisi dirumah kita. Kebanyakan semut akan menghampiri makanan yang berasa manis. Jika makanan manis tersebut tidak ditutup pasti akan dibuat pesta oleh semut.

Nama semut terdapat pada Al Qur’an, yaitu surah An-Naml. Dinamakan An-Naml (semut) karena pada ayat 18 dan 19 surah ini berisikan tentang kisah seekor pemimpin semut yang menginstruksikan anak buahnya untuk segera masuk sarang karena nabi Sulaiman as dan tentaranya akan melewati tempat tersebut.

Semut merupakan Salah satu spesies serangga tercanggih di bumi. Menurut para ilmuwan, mereka telah bertahan selama 6 juta tahun karena semut diberi karunia oleh Tuhan untuk mampu beradaptasi dengan baik dimana pun mereka tinggal. Mungkin kita perlu mengetahui keunikan semut sebelum kita mengiinjaknya.

Keunikan Semut Yang Mungil

1. Semut saling bergotong royong
Semut memiliki jiwa seperti manusia yaitu mengerjakan suatu pekerjaan dengan gotong royong. hal ini menjadikan semut hewan yang unik. Menurut penelitian semut meiliki enzim tersendiri untuk berkomunikasi dan bisa mengerjakan suatu pekerjaan bersama sama dengan satu perintah dari penguasa semut. hal inilah yang membuat semut mampu mengerjakan sesuatu dengan cara bekerjasama.

2. Semut memiliki Indra penciumannya sangat tinggi
Semut mendapatkan perolehan binatang terkecil yang mempunyai indra penciuman yang sangat peka dibandingkan dengan binatang lain. Hal ini dibuktikan dengan semut selalu saja langsung mendekati bau yang dirasa manis atau mempunyai glukosa. kenapa demikian? karena Indra penciuman semut terdiri dari glukosa glukosa partikel.

3. Semut Sangat Ahli di Bidang Pertanian
Semut telah memulai bertani dan berkebun 50 juta tahun lebih awal sebelum manusia, untuk meningkatkan jumlah makanan mereka. Semut menggunakan teknik hortikultura yang sangat canggih untuk meningkatkan hasil panen. Mereka mensekresikan zat kimia yang kaya antibiotik untuk menghambat pertumbuhan jamur. Sarang semut juga dibangun dengan sistem yang sangat canggih untuk mengontrol temperatur dan kelembapan.

4. Semut akan behenti sejenak jika bertemu
Kita dapat mengartikannya dengan binatang yang sopan karena saling menyapa namun ternyata ini juga mempunyai rahasia jika semut berhenti ketika berpapasan dengan semut lainnya.

Dari penelitian, Schneirla menyimpulkan bahwa zat kimia yang dikeluarkan dari makanan ataupun dari musuh semut menempel pada semut itu. Ketika bertemu dengan semut temannya, semut ini akan saling menyapa (bersentuhan). Dengan saling menyapa inilah zat kimia dari semut akan memberi tahu temannya (melalui antena di kepala semut) apakah di lingkungan sekitarnya ada makanan atau ada musuh.

Kita sering sekali membunuh semut, tetapi jumlah semut akan tetap banyak dirumah. Semut tidak hanya tinggal dirumah kita saja mungkin jika ingin mencari semut ribuan juta akan dapat mengumpulkannya karena dirumah kita saja sangat banyak, belum lagi dirumah teman, saudara, dan pohon-pohon. Tetapi di sisi lain semut merupakan hewan yang hebat karena jika bertemu semut akan saling menyapa dan tidak ada kesombongan yang ada di fikiran semut.

Image result for semut banyak di lantai

Advertisement

Comments

EDITOR CHOICE