TOP News
Home » Travel » 4 Tradisi Makan Yang Hanya Ada Di Jepang

4 Tradisi Makan Yang Hanya Ada Di Jepang

Diwarta.com – Masih dari Negri Matahari Terbit, ada beberapa hal aneh yang hanya bisa kita temukan disini. Jepang selalu memiliki magnet kuat untuk menarik wisatan agar mengunjungi negara yang sering di landa gempa ini. Selain terkenal dengan aneka produk film animasi yang meledak di pasaran, Jepang memiliki beberapa keunikan yang membuat kita berdecak kagum atau sekedar geleng kepala.

Terkenal dengan keindahan Gunung Fuji yang memukau dan Bunga Sakura yang merupakan bunga nasional, Jepang menjadi destinasi wisata yang wajib di kunjungi oleh para kalian yang demen banget melakukan traveling. Mampir di Jepang? Jangan lupa sama budaya makan orang Jepang yang jarang kita temui dimanapun dan harus kita ikuti.

1. Aturan makan mie

Dalam memakan jenis makanan mie, ternyata juga ada aturan tertentu yang wajib dipatuhi dan dipraktekkan. Aturan tersebut adalah ketika anda menyantap mie maka anda harus menyeruput mie tersebut dengan kencang hingga mengeluarkan bunyi seperti sluurrpp. Hal seperti ini jika di Indonesia terdengar seperti kurang sopan namun di Jepang hal seperti ini malah dianggap sangat sopan dan dianggap anda menikmati hidangan mie tersebut. Bahkan jika anda makan mie tanpa suara seperti di Indoneia yang hanya dikunyah dan ditelan, maka anda akan dianggap tidak hormat terhadap pemilik restoran dan akan merasa tersinggung.

2. Salam sebelum dan sesudah makan

Di negara Jepang setiap anda akan makan dan mengakhiri makan maka akan diwajibkan mengucapkan salam. Untuk sebelum makan atau akan makan maka anda harus mengucapkan kata “itadakimasu”. Sementara ketika anda akan mengakhiri makan maka akan mengucapkan salam berbunyi “Gochiso” atau ada kata lain seperti “Deshita!”.

3. Makan dengan sumpit

Siapa yang tidak mengenal sumpit, sumpit sendiri adalah dua batang kayu/besi yang biasa digunakan oleh orang Jepang sebagai alat makan. Namun jangan sembarangan, ada beberapa aturan dalam makan menggunakan sumpit. Seperti dilarang mengoper makanan menggunakan sumpit dan meletakkan sumpit diatas mangkok karena dianggap masih berhubungan dengan hal kematian atau biasa disebut Tsukitate-bashi.

4. Uang Tip

Tradisi ini sangat dilarang di Jepang dan anda tidak akan di ijinkan memberikan tip sekecil apapun terhadap pemilik restoran. Sehingga rata-rata jika anda memberikan tip maka pihak restoran akan mengembalikan lagi uang tip tersebut.

Nah, budaya tersebut harus di perhatikan baik-baik sebelum kita berkunjung ke sini, supaya kita terlihat menghargai apapun yang menjadi budaya dan ciri khas negara lain.

Image result for hal unik dan nyeleneh di jepang

Advertisement

Comments

EDITOR CHOICE