5 Filosofi Dan Makna Bunga Yang Perlu Kita Ketahui

5 Filosofi Dan Makna Bunga Yang Perlu Kita Ketahui

Diwarta.com – Bunga merupakan simbol keindahan dan keanggunan yang telah di percaya oleh nenek moyang sejak dahulu kala. Selain itu bunga bisa saja menjadi simbol nasional dari suatu negara yang menjadi identitas resmi. Uniknya, mulai sejak beberapa ratus tahun yang lalu, nyatanya orang-orang sudah menghubungkan ciri-ciri bunga jadi satu arti yang khusus yang bisa diambil filosofinya sebagai pelajaran hidup.

Melalui bunga ada salah satu cara yang sering digunakan banyak orang untuk menunjukkan rasa sayang, ucapan selamat, dan bahkan berbela sungkawa dengan memberikan serangkaian bunga. Bunga yang digunakan pun bermacam-macam baik jenis maupun warnanya, tapi tahukah kalian bahwa setiap bunga memiliki makna masing-masing?

1. Bunga Mawar

Image result for filosofi dan makna bunga

Bunga satu ini sudah sangat familiar bagi kita, seringkali diartikan sebagai cara untuk mewujudkan rasa cintanya kepada pasangannya. Makna yang dimiliki bunga mawar pun berbeda sesuai dengan warnanya, diantaranya adalah kecantikan, keromantisan, cinta sejati, kesucian, kasih sayang, persahabatan, antusiasme, misterius, perdamaian, kesedihan, atau bahkan kematian. Meski dengan makna yang bermacam-macam, bunga mawar sendiri memiliki filosofi bahwa setiap jiwa memiliki warna cintanya tersendiri, sehingga diperlukan warna yang tepat untuk dapat menyentuh jiwa seseorang.

2. Bunga Sakura

Image result for filosofi dan makna bunga

Bunga cantik asli Jepang ini mempunyai kelopak yang berwarna-warni. Ada yang berwarna merah muda, putih serta gabungan warna yang lain. Di Jepang, ada arti ‘7 hari bunga sakura’ lantaran bunga sakura termasuk tanaman yang cepat menggugurkan bunganya. Arti bunga sakura sendiri yaitu janji yang ditepati, lantaran seolah-olah bunga sakura senantiasa menyampaikan janji yang akan datang lagi pada musimnya. Menurut filosofi bunga Jepang, bunga sakura memiliki kandungan kesetiaan janji yang senantiasa ditepati. Hingga siapa saja orang yang berjanji, sebaiknya menepati apa yang dikatakannya seperti filosofi bunga sakura ini.

3. Bunga Anggrek

Image result for gambar bunga anggrek

Menjadi salah satu bunga dengan kelopak yang berwarna-warni dan tumbuh dengan berbagai varietas. Meskipun memiliki proses pemekaranyang cukup lama dibandingkan dengan bunga lainnya, bunga anggrek terkenal sebagai bunga yang cantik dan awet saat dia sudah mekar. Bunga anggrek memiliki filosofi bahwa setiap proses menuju keindahan bukanlah hal yang mudah — setiap proses membutuhkan perjuangan yang panjang dan proses yang tak instan dalam mencapainya. Hal ini berlaku sama dengan kehidupan, dimana dalam mencapai kesuksesan pun selalu dibutuhkan perjuangan dan kesabaran untuk memperolehnya.

4. Bunga Matahari

Image result for filosofi dan makna bunga

Siapa yang tidak kenal dengan bunga cantik yang satu ini. Ternyata nama bunga matahari tidak semata-mata muncul begitu saja. Ada beberapa alasan kenapa bunga besar ini disebut dengan bunga matahari. Yang pertama adalah karena bunga matahari selalu tumbuh mengikuti atau menghadap arah matahari. Yang kedua adalah karena warna kuning kontras pada kelopaknya yang membentuk wujud seperti matahari yang sedang bersinar. Wah, pantas ya tiap melihat bunga matahari, ada perasaan cerah. Karena bunga matahari yang selalu mengikuti matahari sejak terbit hingga terbenam inilah bunga matahari memiliki makna kesetiaan dan ketulusan. Alasannya? Karena kesetiaan bunga matahari yang selalu menghadap sejak matahari terbit hingga terbenam. Dengan menggunakan bunga matahari pun berarti kita menunjukkan adanya kehidupan yang ceria dan hangat.

5. Bunga Edelweiss

Related image

Bagi kalian yang hobi mendaki gunung pasti kenal betul dengan bunga satu ini, keberadaannya yang sudah mulai dilindungi menjadi salah satu alasan sulitnya mendapatkan bunga ini. Selain karena habitatnya yang berada di lereng pegunungan atau tempat yang sulit dijangkau. Bunga edelweiss merupakan bunga yang tidak mudah layu atau mati dalam waktu yang lama, hal ini yang membuat orang-orang memiliki kepercayaan bahwa kalau seseorang memberikan bunga ini kepada pasangannya, cinta mereka akan abadi. Karena alasan-alasan tersebutlah bunga edelweiss memiliki filosofi bahwa dalam cinta sejati dibutuhkan pengorbanan, perjuangan, dan kesungguhan untuk mendapatkannya.