TOP News
Home » Travel » 4 Keunikan Yang Hanya Ditemukan Di Papua

4 Keunikan Yang Hanya Ditemukan Di Papua

Di setiap daerah pasti akan memiliki keunikan tersendiri dan berbeda dari daerah-daerah lainnya. keunikan dapat berupa bentuk rumah, makanan, pakaian dan lain-lain. Salah satunya keunikan papua yang disebut pulau cendrawasih.

Papua menjadi pulau paling timur Indonesia. Dengan kekhasan bentuk pulaunya yang hampir menyerupai bentuk burung cendrawasih. Keunikan yang dimiliki oleh Papua menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan lokal dan mancanegara untuk berkunjung.

Selain bentuk pulau, Keunikan yang sering kita temui adalah pada budaya dan adat Papua yang masih sangat kental. Papua juga memiliki banyak keunikan khas yang terdapat pada alam.

Keunikan Di Papua

1. Freshwater Lionfish
Freshwater lionfish merupakan salah satu jenis ikan unik yang hidup di tanah Papua. Ikan ini hidup di daerah Australia, Thailand, Indonesia, Papua Nugini, dan delta Mekong.

Ciri fisik ikan Freshwater Lionfish memiliki ukuran tubuh sepanjang 30 cm dan berhabitat di muara sungai payau atau daerah rawa-rawa. Ikan ini menjadi salah satu satwa air yang mendukung keunikan Papua. Bentuknya pun hampir menyerupai katak, dengan kepala yang lebar, mulut besar, dan memiliki kecepatan memangsa yang sangat agresif.

2. Rainbow Fish
Rainbow fish disebut dengan ikan pelangi. Ikan ini merupakan keluarga Pseudomugilidae yang merupakan hewan endemik dari Papua Nugini. Habitat ikan ini adalah berada di sungai hutan hujan dengan curah hujan yang dramatis. Ikan ini biasanya ditemukan dengan cara bergerombol 8-10 ikan dalam satu gerombol. Keunikan Papua ini memakan zooplankton, fitoplankton, dan invertebrate. Ikan Rainbow Fish dapat dipelihara di akuarium, sebagai lambang dari perdamaian.

3. Pelangi Kembar
Fenomena alam yang berada di daratan Papua serta menunjukkan penampakan pelangi kembar di langit. Dilihat dengan mata telanjang, ada banyak pelangi yang melengkung seperti busur derajat yang sangat indah. Banyak orang yang sangat terheran-heran dengan peristiwa aneh ini. Bahkan telah banyak ilmuwan yang melakukan penelitian. Sejak 2.000 tahun yang lalu, tetapi tetap belum ada hasil yang signifikan. Hal yang membuat para ilmuwan sangat sulit memecahkan keunikan Papua adalah karena pelangi-pelangi tersebut terbentuk dari dua busur yang terpisah dari pelangi utamanya.

4. Coelacanth
Ikan ini termasuk dalam ikan purba yang usianya masih jauh lebih tua daripada dinosaurus. Sungguh keunikan Papua yang sangat luar biasa. Bahkan ikan ini menjadi mata rantai evolusi makhluk purba dari air ke darat atau dapat dibilang sebagai nenek moyang dinosaurus.

Coelacanth sering disebut ikan dino, karena usianya yang sangat tua dan muncul lebih dulu daripada dinosaurus. Bentuknya seperti ikan kerapu raksasa dengan panjang mencapai 1,5 meter. Uniknya, ikan ini bisa berjalan dengan sirip yang berbentuk kaki di bagian perutnya. Daya tahan ikan yang sangat luar biasa yang membuat ikan ini masih hidup hingga sekarang.

Wilayahnya yang masih sangat terpencil membuat Papua memiliki banyak potensi yang wajib digali. Indahnya Indonesia tidak pernah surut dilihat dari sisi manapun. Keunikan tersebut dapat dijadikan tempat wisata untuk menarik banyak pengunjung. Karena dengan keunikan tersebut yang akan membuat pengunjung penasaran dan ingin mengetahui lebih banyak di wilayah papua.

Image result for papua

Advertisement

Comments

EDITOR CHOICE