Bangunan Tertua Di Dunia

Bangunan Tertua Di Dunia

Diwarta.com – Peradaban masa lalu memang tidak bisa dihilangkan begitu saja dari kehidupan yang sekarang. Bukan hanya dari cara untuk bertahan hidup, mengelola pemerintahan dan menata sebuah bangunan atau sebuah kota yang masih bisa dinikmati hingga kini. Namun bekas kejayaan yang berupa bangunan atau tempat-tempat lain.

Beberapa situs sejarah yang masih berdiri kokoh hingga kini merupakan salah satu warisan budaya yang bisa menjelaskan bagaimana kelangsungan peradaban masa lalu. Lewat relief-relief yang di temukan di beberapa tempat atau banguan. Dengan itu mudah bagi kita untuk mempelajari atau mengetahui berapa usia dari sebuah kota atau bangunan.

Kali ini kita akan mempelajari mengenai beberapa bangunan yang di perkirakan menjadi bangunan tertua di muka bumi.

1. Coloseum

The Coliseum dibangun sebagai perayaan kemenangan militer. Pembangunannya diperkirakan melibatkan antara 50,000 s’d 80,000 pekerja. Dengan tinggi sepanjang 157 kaki dan panjang 620 kaki The Coliseum merupakan salah satu kehebatan bangsa Romania dalam ilmu arsitektur. Proyek ini memakan waktu selama 10 tahun.

2. Piramid Giza


Bangunan kuno Mesir ini adalah salah satu bangunan yang terkenal di dunia. Dibangun pada 2500 sebelum masehi, bangunan buatan manusia tertinggi didunia sebelum adanya menara Eiffel di Paris ini memakan waktu sampai dengan 20 tahun.

3. Katedral York Minster

Dibangun pada tahun 1220, konstruksi bangunan ini tidak terselesaikan sampai dengan tahun 1472. Bangunan ini dibangun dengan teknik dan peralatan dari jaman pertengahan, butuh waktu sampai dengan dua abad agar bangunan ini terselesaikan dengan sempurna.

4. Angkor Wat

Membutuhkan waktu selama 418 tahun, Angkor Wat di bangun pada pertengahan abad ke 12 oleh kekuasaan Khmer di negara Kamboja, bangunan ini dibangun sebagai penghormatan kepada dewa Vishnu yang masih berdiri kokoh hingga kini.

5.Stonehenge


Tidak ada seorangpun yang mengetahui secara pasti kapan bangunan ini dibangun, Stonehenge adalah salah satu proyek konstruksi yang banyak membuat orang heran akan proses pembuatannya. Setiap batu memiliki berat lebih dari empat ton dan ditarik sepanjang 240 mil dari Wales utara sampau dengan Wiltshire Inggris. Proyek ini memakan waktu selama 1,600 tahun.
Tersebut adalah beberapa bangunan yang berumur tua di bumi. Sebagai salah satu warisan budaya, sudah seharusnya kita ikut menjaga dan melestarikan. Jangan sampai anak cucu kita di masa depan nanti tidak bisa menikmati keindahan yang pernah menjadi saksi bisu perkembangan dunia.
Image result for gambar dunia