TOP News
Home » Travel » 5 Bangunan Dengan Arsitek Unik Di Dunia

5 Bangunan Dengan Arsitek Unik Di Dunia

Diwarta.com – Pengetahuan yang semakin luas serta perkembangan teknologi yang semakin canggih, ternyata ikut mempengaruhi beberapa sektor kehidupan sehari-hari. Salah satu yang tengah menjadi sorotan adalah hadirnya beberapa bangunan dengan gaya arsitek modern yang unik.

Bangunan ini tersebar di seluruh penjuru dunia yang bisa menjadikan obyek wisata baru. Struktur yang imajinatif selalu membuat orang terpesona dengan keunikan dan desain luar biasa. Dari bangunan kuno yang tersebar di Italia sampai bangunan teknologi tinggi di China, setiap bangunan dan strukturnya memiliki sejarah yang unik dibalik pembangunannya. Berikut adalah beberapa diantaranya.

1. Cubic Rumah

Rumah kubik ini dibangun di Rotterdam dan Helmond Belanda. Piet Blom sang arsitek membangun rumah ini pada tahun 1974. Rumah ini dirancang dengan konsep “hidup sebagai atap perkotaan”. Desain rumah ini sangat unik di mana satu rumah mewakili satu pohon dan sekumpulan rumah adalah sebuah hotan modern. Rumah yang miring sampai 45 derajat dan dibangun di atas tiang berbentuksegi enam.

2. Dancing Building

Vlado Milunic dan Frank Gehry adalah arsitek dari bangunan menakjubkan yang didirikan di tepi Sungai Vltava di Praha juga dikenal sebagai Fred dan Ginger. Gedung ini dirancang pada tahun 1992 dan selesai pada 1996. Nama awal dari bangunan itu terinspirasi oleh duo tari legendaris. Beberapa perusahaan multinasional memiliki kantor mereka di dalamnya termasuk sebuah restoran Perancis yang menempati lantai atasnya. Disamping semua kontroversi yang dihadapi karena desain non-tradisional,tetapi sangat layak untuk mengguncang dunia arsitektur dengan ide kreatif yang membuktikan bahwa pengetahuan sebuah bangunan itu memiliki jangkauan yang luas.

3. Turning Torso, Malmo-Swedia

Turing Torso merupakan gedung pencakar langit tertinggu di Swedia, bahkan di Skandinavia. Menara residensial The Absolute World di Ontario mengambil inspirasi dari Turning Torso. Menara ini tingginya 190 meter dan merupakan gabungan 147 apartemen, ditambah fasilitas gym, ruang lounge, spa, dan gudang wine. Didesain oleh arsitektur Spanyol Santiago Calatrava dan dibuka pada Agustus 2005. Desain Turning Torso didasarkan oleh patung manusia yang diciptakan Santiago Calatrava dengan judul sama. Salah satu ciri khas gedung ini adalah penghilangan Kockums Crane yang membuat siluet kota ini tidak ada duanya.

4. The Gardens By The Bay, Singapura

The Gardens By The Bay adalah salah satu dari 10 taman terbaik di dunia. Taman ini dibangun dan menjadi lokasi rekreasi outdoor bagi para turis, selain itu The Gardens By The Bay menjadi simbol negara Singapura. Selesai dibangun tahun 2012, Gardens By The Bay dibagi menjadi tiga bagian yakni taman pusat, taman timur dan taman barat. Taman ini memiliki dua konservatori, Flower Dome dan Cloud Forest, namun fitur paling dikenalnya adalah Supertrees, struktur tinggi berbentuk mirip pohon yang tingginya 20-25 meter dan berfungsi sebagai taman vertikal. Supertrees memiliki versi ekologikal yang mirip pohon sungguhan.

5. Guangzhou Opera House, Guangzhou, China

Guangzhou Opera House merupakan pusat acara pertunjukan dan teater terbesar di China. Di desain oleh arsitek Irak Zaha Hadid yang merupakan wanita pertama pemenang Pritzker Architecture Prize, gedung opera ini di buka pada tahun 2010. Dibangun selama lima tahun, Guangzhou Opera House memiliki struktur yang unik dengan menggunakan bahan dari granit dan bingkai baja yang dilapisi kaca.

Bangunan-bangunan tersebut merupakan bukti dari perkembangan ilmu arsitek yang semakin maju dan dibarengi dengan perkembangan teknologi yang mumpuni, menjadi kolaborasi cocok untuk menghasilkan karya yang unik nan menakjubkan.

Advertisement

Comments

EDITOR CHOICE