TOP News
Home » Travel » 5 Manfaat Buah Merah Untuk Kesehatan

5 Manfaat Buah Merah Untuk Kesehatan

Buah buahan sangat banyak sekali macam dan warnanya. Buah akan memiliki banyak vitamin berbeda yang terkandung di dalamnya. Semangka, strawberry, apel dan tomat merupakan buah merah yang memiliki banyak manfaat untuk menjaga kesehatan tubuh. Buah merah tersebut sangat sering kita jumpai di jalan, pasar, dan supermarket.

Tetapi berbeda dengan buah merah yang satu ini. Namanya adalah Pandanus Conoideus karena bentuknya yang panjang dan tergolong ke dalam tanaman pandan. Buah merah ini sejenis tanaman atau buah yang tumbuh di daerah sekitar Gunung Jayawijaya, Papua.

Buah merah sering disajikan untuk makanan pada saat pesta adat oleh masyarakat Wamena. Buah merah yang matang berwarna merah maroon. Buah merah ini memiliki sari berupa minyak yang memiliki banyak manfaat untuk tubuh.

Manfaat Buah Merah

1. Menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh
Jika sering mengkonsumsi makanan berlemak akan memiliki kadar kolesterol yang tinggi. Kadar kolesterol jahat atau lemak jenuh yang melebihi normal akan mengakibatkan penipisan pembuluh darah di jantung, otak dan ginjal. Sari buah merah dapat menangkal kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kolesterol baik (HDL) dalam darah.

2. Mencegah penyakit mata
Tidak hanya wortel, sari buah merah juga mengandung betakaroten yang berkhasiat untuk mencegah penyakit mata.

3. Mencegah Penyakit Tulang Seperti Osteoporosis
Penelitian terbaru membuktikan bahwa sekitar 55.000 mg kalsium terkandung dakam sari buah merah per 100 gram. Oleh karena itu, sari buah merah memiliki kalsium yang berlimpah dan dapat memberikan nutrisi yang dibutuhkan oleh tulang. Sari buah merah juga dapat membantu menghindari osteoporosis.

4. Alat Pembunuh Kanker
Kanker merupakan penyakit yang mematikan tetapi dapat disembuhkan. Kandungan tokferol dan betakrotennya yang tinggi membuat buah merah ini sangat direkomendasikan bagi penderita kanker. Senyawa-senyawa tersebut adalah antioksidan yang berfungsi untuk mencegah pertumbuhan sel-sel kanker dan memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak.

5. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi
Disarankan untuk mengkonsumsi sari buah merah. Sari buah merah ini dapat menurunkan tekanan darah tinggi dengan cara memperlancar aliran darah dan mencegah penumpukan flek pada aliran darah arteri.

Buah merah masih belum terkenal khasiat dan manfaatnya, ternyata memiliki banyak khasiat yang beguna untuk tubuh kita. Buah buahan yang ada di sekitar kita semuanya memiliki banyak manfaat yang menguntungkan. Dengan rajin mengkonsumsi buah akan membantu menjaga.

Related image

Advertisement

Comments

EDITOR CHOICE