TOP News
Home » Travel » 3 Negara Termungil Yang Ada Di Dunia

3 Negara Termungil Yang Ada Di Dunia

Negara adalah sekumpulan orang yang tinggal di wilayah tertentu yang memiliki kepala negara yang sah. Di setiap negara memiliki aturan-aturan yang berlaku bagi masyarakat yang tinggal di dalamnya. Jika mendengar tentang negara, banyak orang yang menyimpulkan bahwa negara itu sangat luas. Belum banyak yang mengetahui bahwa di dunia ini ada negara yang sempit.

Ternyata di dunia ini ada negara yang luasnya tidak lebih dari 200 square miles atau sekitar 300-an km2. Jumlah penduduk di dalamnya hanya ratusan ribu jiwa.

Negara yang termungil di dunia yang menjadi urutan nomor satu adalah Vatican City hanya memiliki luas 0,2 square miles. Penduduknya kebanyakan bukan penduduk permanen yaitu mereka tinggal sementara karena tugas. Ada beberapa negara yang luasnya hanya setengah Kota Jakarta saja.

Negara Terkecil Di Dunia

1. Vatican City
Vatican berada dalam lingkungan Roma, Italia. Ini adalah Negara terkecil di dunia, luasnya hanya 0,44 km2 dengan penduduk sekitar 800 orang. Tetapi kebanyakan mereka bukanlah penduduk permanen. Negara kecil ini melindungi Basilika St Peter, yang merupakan pusat rohani bagi umat Katholik Roma di seluruh dunia (1 milyar lebih jiwa).

Image result for negara Vatican City

2. Tuvalu
negara ini dulu terkenal sebagai Kepulauan Ellice. Tuvalu adalah sebuah negara kepulauan yang terletak di antara Hawaii dan Australia di Samudra Pasifik. Titik tertinggi di antara 114 pulau yang membentuk negara ini hanya setinggi 5 m di atas permukaan laut. Luasnya 26 km2, dengan jumlah penduduk 11.500 (sensus 2006).

Image result for negara Tuvalu

3. Liechtenstein
Negara kecil di perbukitan yang berbentuk kerajaan dengan penduduk 35.000. Terletak di antara Swiss dan Austria. Luasnya 160 km2. Ini adalah negera yang kaya raya dan makmur. Penghasilan utama negera ini adalah diperoleh dari jasa perbankan dan pendapatan dari sektor pariwisata. Menurut CIA World Factbook, PDB (produk domestic bruto) per-orang tertinggi dunia. Yang juga sangat terkenal adalah Liechtenstein sebagai surga para pengemplang pajak.

Image result for negara Liechtenstein

Negara yang kita bayangkan ternyata tidak semuanya memiliki wilayah negara yang luas. Banyak yang belum mengetahui bahwa ada negara yang memiliki wilayah yang sempit. Wilayah yang sempit tidak membuat suatu negara menjadi negara yang miskin. Ada beberapa negara kecil yang kaya raya dan makmur.

Advertisement

Comments

EDITOR CHOICE