4 Fakta Gravitasi Yang Jarang Kita Ketahui

4 Fakta Gravitasi Yang Jarang Kita Ketahui

Diwarta.com – Gravitasi adalah suatu gaya tarik-menarik yang terjadi antara semua partikel yang mempunyai massa di alam semesta. Ada beberapa jenis gravitasi yang belum terlalu kita pahami selain gravitasi yang di bumi. Karena bumi adalah satu-satunya planet selain matahari yang memiliki masa paling besar, jadi gravitasi hanya terjadi di bumi saja.

Isaac Newton lah yang pertama kali menemukan Hukum Gravitasi saat ia tak sengaja melihat fenomena apel yang jatuh dari pohon menuju pusat bumi. Gravitasi memiliki manfaat yang besar seperti halnya keseimbangan sistem tata surya kita, atau air hujan yang jatuh ke bumi. dari sekian banyak fenomena gravitasi, berikut adalah beberapa fakta gravitasi yang jarang kita ketahui.

1. Tanpa Gravitasi, beberapa bakteri menjadi lebih kuat

Beberapa bakteri menjadi menakutkan dalam ruang angkasa. Sebuah studi 2007 yang dipublikasikan dalam jurnal Proceeding of National Academy of Sciences menemukan bahwa salmonella, bakteri yang biasanya menyebabkan keracunan makanan, menjadi tiga kali lebih mematikan di tempat gaya berat yang kecil. Sesuatu tentang kurangnya gravitasi mengubah aktivitas setidaknya 167 gensalmonella dan 73 dari protein tersebut. Tikus yang diberi salmonella pada gravitasi kecil, jatuh sakit lebih cepat setelah mengkonsumsi bakteri tersebut.

2. Lubang Hitang atau Black Hole

Lubang hitam adalah benda yang paling merusak di alam semesta. Di pusat galaksi kita adalah lubang hitambesar dengan massa 3 juta matahari. Menakutkan bukan? Lubang hitam adalah tidak benar-benar bahaya bagi penghuni Bumi karena letaknya yang jauh dari Bumi. Cahaya pun tak bisa menembus lubang hitam saking besarnya gravitasi di tempat tersebut.

3. Gravitasi Bumi Tidak Merata

Salah satu anomali gravitasi yang misterius adalah di Teluk Hudson Kanada (ditampilkan di atas). Daerah inimemiliki gravitasi yang lebih rendah dibandingkan daerah lain, dan sebuah studi tahun 2007 menemukan bahwa saat-gletser mencair yang menjadi penyebabnya. Karena gravitasi pada area sebanding dengan massa daerah itu, dan gletser menyingkirkan beberapa massa bumi, gravitasi sedikit kurang kuat dalam jejak lapisan es. Deformasi sedikit kerak menunjukkan 25 persen menjadi 45 persen dari gravitasi bisa sangat rendah, sisanya dapat dijelaskan oleh tarikan ke bawah yang menyebabkan gerakan magma di mantel bumi (lapisan tepat di bawah kerak).

4. Bagi Astronot Kembali ke Bumi Adalah Hal yang Sulit Dilakukan

Berbicara tentang astronot, pengalaman mereka telah menunjukkan bahwa saat di luar angkasa mereka kehilangan bobot dan kembali ke Bumi dapat menjadi sulit. Dengan tidak adanya gravitasi, otot atrofi dan tulang juga kehilangan massanya. Menurut NASA, astronot bisa kehilangan 1 persen massa tulang mereka perbulan di ruang angkasa. Ketika astronot kembali ke bumi, tubuh dan pikiran mereka perlu waktu untuk pulih. Tekanan darah, yangmenyamakan kedudukan seluruh tubuh di luar angkasa, harus kembali ke pola Bumi di mana jantung harusbekerja keras untuk menjaga otak dipelihara dengan darah. Astronot harus berjuang dengan penyesuaian itu.

Tersebut adalah beberapa fakta gravitasi yang jarang kita jumpai. Seperti salah satu fakta bahwa gravitasi yang ada di bumi ini tidak merata, salah satu bukti akan hal ini adalah titik terendah gravitasi bumi ada di Katulistiwa.

Image result for gambar gravitasi bumi