TOP News
Home » Travel » Baju Tradisional Paling Epic

Baju Tradisional Paling Epic

Diwarta.com – Setiap negara atau wilayah yang berada dalam suatau negar sudah pasti memiliki pakaian tradisional yang menjadi identitas mereka. Eksistensi baju tradisional tidak pernah lekang waktu seiring dengan perkembangan tren fashion yang semakin banyak.

Masing-masing pasti mempunyai ciri khas dan mempunyai nilai historis atau filosofi yang sangat kental. Tidak hanya itu saja baju tradisional memiliki keunikan dan aura tersendiri untuk si pemakai. berikut adalah beberapa baju tradisional dengan desain yang indah.

1. Sari – India

Image result for gambar kain sari

Sari adalah adalah pakaian tradisional yang dikenakan oleh jutaan wanita India, yang berasal dari era 100 SM. Sari adalah salah satu kebiasaan dalam pakaian yang dilestarikan oleh para wanita di India dan tak lekang oleh waktu. Sari adalah kain yang lebar dengan ukuran sekitar 20 m dan lebar 5-6 meter. Cara mengenakan sari sangat bervariasi, dan dikenakan berdasarkan wilayah, kasta, kegiatan, agama dan acara-acara lain.

2. Kimono – Jepang

Image result for gambar baju kimono

Kimono adalah pakaian tradisional negara Jepang untuk pria dan wanita yang sudah ada sejak jaman dahulu kala. Kimono berasal dari kata Ki yang berarti mengenakan, dan Mono yang berarti pakaian. Jadi arti kimono adalah mengenakan pakaian. Baru pada jaman Edo, kimono mengalami perubahan yang sampai sekarang masih dipertahankan, yaitu lengan kimono yang sedikit lebih panjang bagi wanita yang belum menikah dan obi (sabuk lebar untuk mengencangkan kimono) yang semakin besar. Namun kini bagi wanita di negara maju seperti Jepang yang tentu banyak beraktivitas, penggunaan kimono sudah sangat jarang dan hanya pada event2 tertentu saja seperti pesta dan hari raya. Kimono kini lebih digantikan dengan yukata yang lebih praktis dan simpel.

3. Kebaya – Indonesia

PAKAIAN TRADISIONAL PALING POPULER DI DUNIA

Kebaya merupakan pakaian tradisional Indonesia yang berasal dari budaya melayu (Asia Tenggara). Banyak pakaian tradisional di Asia Tenggara yang menyerupai kebaya seperti di negara Malaysia, Brunei, Singapura. Kebaya adalah blus (pakaian atasan) yang dipadu dengan kain sebagai bawahan, kain yang dikenakan juga merupakan kain tradisional seperti batik, songket. Sehingga tidak mengherankan jika kebaya banyak ragamnya seperti kebaya Jawa, kebaya Bali, kebaya Sunda dan lainnya. Namun seiring perkembangan tren fashion, banyak orang yang jarang menggunakan kebaya dalam kegiatan sehari-hari, biasanya mereka akan memakai kebaya pada saat acara penting saja.

4. Cheongsham – China

PAKAIAN TRADISIONAL PALING POPULER DI DUNIA

Cheongsam adalah pakaian tradisional wanita China. Cheongsam biasanya dengan potongan panjang dengan leher tinggi, berlengan pendek, kancing shanghai di kiri atau kanan bawah pundak. Cheongsam biasanya berwarna cerah, seperti merah yang menunjukkan kemewahan dan keanggunan namun tetap terlihat sederhana.

Image result for gambar baju kebaya indonesia

 

Advertisement

Comments

EDITOR CHOICE