TOP News
Home » Travel » 3 Penjara Yang Memiliki Fasilitas Mewah

3 Penjara Yang Memiliki Fasilitas Mewah

Orang yang dipenjara biasanya adalah orang yang telah melakukan kesalahan dan dikenai hukuman. Jika membayangkan sebuah penjara, kita akan membayangkannya dengan ruang yang sempit dan hanya dapat berada ditempat tersebut dari pagi hingga malam dan selama berhari-hari.

Di dunia ini ternyata ada banyak penjara yang memiliki keunikan. Penjara-penjara di negara lain memiliki fasilitas yang sama seperti ketika berada di dalam rumah sendiri. Dengan fasilitas tersebut banyak narapidana yang tidak terbebani jika berada di dalam penjara.

Penjara Paling Unik Di Dunia

1. Penjara Cebu di Filipina
Penjara di Provinsi Cebu, Filipina, terkenal akan tariannya di dunia. Program ini dimulai saat Byron F Garcia, penasihat keamanan pemerintah Cebu yang juga menjadi kepala penjara, berinisiatif untuk memulai program latihan menari kepada para napi. Semua napi di penjara berkapasitas 1.500 orang ini menari massal dengan kostum penjara warna orange. Garcia kemudian mengunggah video latihan menari ini ke Youtube. Video pertama yang diunggah, tampak para napi menari seperti zombie dengan gerakan rancak dan rampak, dengan lagu Michael Jackson, ‘Thriller’. Video yang diunggah tahun 2007 menjadi terkenal dan menjadi perbincangan di dunia. Narapidana sekarang menampilkan pertunjukan langsung mengenai tarian massal, dan aksi mereka menarik para wisatawan. Kaos yang mereka gunakan juga dijual sebagai souvenir.

Image result for Penjara Cebu di Filipina

2. Penjara San Pedro di La Paz, Bolivia
Narapidana dapat hidup nyaman seperti orang normal jika memiliki banyak uang. karena penjara terbesar di Bolivia ini dapat dibeli bak mem-booking hotel atau menyewa rumah kontrakan.Penjara ini tidak ada bedanya dengan kampung mini seperti di luar penjara, ada pasar, kantin, restoran, hotel, bengkel dan lain-lain. Masing-masing sektor memiliki fasilitas umum seperti yang telah disebutkan di atas. Tidak akan jenuh karena ada tempat permainan seperti meja biliard, poker, catur video games.

Image result for Penjara San Pedro di La Paz, Bolivia

Terbagi dalam 8 sektor dengan kelas yang paling mewah hingga  sederhana, para napi dapat menyewa sel sesuai dengan durasi hukumannya.  “La Posta”, menyediakan kamar mandi dalam, dapur, televisi kabel. Harganya antara US$ 1.000-1.500 atau setara Rp 9 juta – Rp 14 juta per masa hukuman. Sel mewah terdiri dari 3 lantai dan jacuzzi. Di penjara ini ada sekitar 1.500 napi. Yang uangnya sedikit, satu sel ditempati sampai 5 orang.

3. Penjara Aranjuez di Spanyol
Penjara ini memiliki ruangan keluarga, diperuntukkan bila ada keluarga tahanan yang menjenguk. Ruang keluarga ini didesain dengan lucu dengan ruang bermain balita yang dihiasi lukisan-lukisan kartun Walt Disney, juga taman. Tujuannya, agar anak-anak para tahanan yang mengunjungi orang tuanya tidak mendapatkan kesan bahwa orang tua mereka dipenjara dengan pengawalan ketat. Ada total 36 sel yang seperti hotel bintang lima.

Image result for Penjara Aranjuez di Spanyol

Penjara-penjara diatas tidak akan membuat narapidananya bosan dan merasa terkekang, karena ruangan dan kegiatan yang dilakukan sudah seperti kegiatan biasanya seperti di berada dirumah. Penjara ini dapat disewa dengan uang yang cukup besar. Jika ingin berada di penjara tetapi tetap senang harus mau mengeluarkan uang untuk menyewa penjara khusus.

Image result for penjara

Advertisement

Comments

EDITOR CHOICE