TOP News
Home » Travel » 4 Kapal Perang Paling Besar Di Dunia

4 Kapal Perang Paling Besar Di Dunia

Sekarang ini sudah berada di zaman modern dimana manusia menciptakan banyak sekali alat berteknologi canggih. Alat ciptaan manusia menjadi sesuatu yang luar biasa dan membanggakan. Alat yang canggih dan luar biasa yang diciptakan manusia adalah Kapal. Kapal yang menakjubkan, Kapal kapal tersebut memiliki ukuran hingga berat dan kemewahan yang dapat mengundang kekaguman banyak orang.

Kuat atau tidaknya angkatan laut suatu negara dapat dilihat dari berapa banyak dan besarnya kapal perang yang dimiliki. Semakin besar kapal perang suatu negara, biasanya negara lawan akan berpikir ulang untuk menantang negara tersebut. Di Dunia ini ada beberapa kapal yang memiliki ukuran sangat besar.

Kapal Paling Besar Di Dunia

1. Modified-Clemenceau Class, Brazil (264 Meter)
Pada tahun 1961- 2000, angkatan laut Perancis memiliki 2 buah kapal perang yang dinamakan Clemenceau Class. Ketika Perancis mulai melakukan pembaharuan, 1 kapal Clemenceau Class dikesampingkan dan yang satunya dijual ke negara Brazil. Brazil membeli 1 kapal perang Clemenceau Class pada tahun 2000 seharga 12 juta USD.

Kapal perang yang sebelumnya benama Foch, oleh pemerintah Brazil diganti menjadi Sao Paulo. Setelah dibeli oleh pemerintah Brazil, kapal perang Sao Paulo telah mengalami banyak sekali perubahan, baik itu di sisi dek penerbangan, mesin, sensor, dan senjata pertahanan. Meski sudah menjadi milik negara Brazil, Perancis masih menyediakan sejumlah perangkat tambahan untuk menyelesaikan perubahan Sao Paulo.

Image result for Modified-Clemenceau Class

2. Nimitz Class, Amerika Serikat (332 Meter)
Kapal perang terbesar di dunia dengan panjang 332 meter. Kapal perang yang bernama Nimitz Class ini adalah kapal perang milik negeri Paman Sam. Tidak hanya ukurannya saja yang besar, Nimitz Class juga menjadi kapal perang termahal dengan harganya yang mencapai 4,5 miliar USD. Amerika memiliki Nimitz Class sebanyak 10 buah.

Nimitz Class sanggup mengangkut sebanyak 85 sampai 90 pesawat tempur Amerika, Nimitz Class memiliki misil dan senjata yang dapat melindungi dirinya dari serangan misil dan pesawat terbang musuh. Kapal perang ini pernah membantu mengirimkan bantuan pada korban tsunami Aceh pada tahun 2004 dan gempa Tahiti pada tahun 2010. Saat ini pemerintah Amerika sedang mengembangkan kapal perang yang lebih besar dan mahal dari Nimitz Class yaitu Gerald R. Ford Class dengan harga yang mencapai 9 sampai 12 miliar USD.

Image result for Nimitz Class, Amerika Serikat

3. Liaoning, Cina (304 Meter)
Sebelum menjadi milik Cina, kapal perang ini merupakan kapal perang milik Rusia bernama Riga. Pada tahun 1990, Riga berganti nama menjadi Varyag. Karena budget untuk Varyag dianggap surplus, maka Rusia memutuskan untuk tidak menggunakan Varyag sebagai kapal perangnya.

Kapal perang buangan Rusia tersebut akhirnya dibeli oleh Cina pada tahun 1998 dengan harga 25 juta USD. Di tahun 2012, nama Varyag kembali diubah menjadi Liaoning. Liaoning inilah yang kemudian menjadi kapal perang pertama milik Cina. Liaoning dipersiapkan untuk melawan senjata misil, pesawat tempur, dan kapal selam milik lawan.

Image result for kapal Liaoning China

4. Admiral Kuznetsov Class, Rusia (305 Meter)
Dengan panjang mencapai 305 meter, kapal perang milik Rusia masih dipakai hingga sekarang. Kapal perang yang diberi nama Admiral Kuznetsov Class ini merupakan kapal perang dengan persenjataan super lengkap, baik untuk menyerang ataupun bertahan. Ada belasan misil jarak jauh dan senjata anti kapal selam.

Karena memiliki persenjataan untuk bertahan dan menyerang yang lengkap, Admiral Kuznetsov menjadi kapal perang terberat di dunia. Admiral Kuznetsov telah menjadi kapal perang andalan rusia sejak tahun 1990, yang versi sebelumnya telah dijual ke Cina. Admiral Kuznetsov mampu berlayar sambil membawa 39 pesawat tempur dan lusinan helikopter.

Image result for Admiral Kuznetsov Class,

Kapal besar yang berada di dunia ini semua merupakan buatan tangan manusia. Tuhan telah memberikan tangan dan otak agar manusia yang berada di bumi mampu bekerja sama untuk menciptakan banyak kecanggihan yang bermanfaat bagi banyak orang. Menjadi suatu kebanggaan jika telah menciptakan sebuah alat canggih yang dapat berguna untuk masyarakat luas.

Image result for kapal Liaoning Cina hitam putih

 

Advertisement

Comments

EDITOR CHOICE