TOP News
Home » Travel » 5 Negara Dengan Wilayah Terkecil Di Dunia

5 Negara Dengan Wilayah Terkecil Di Dunia

Diwarta.com – Suatu negara pasti memiliki wilayah yang menjadi kekuasaan di bawah kepemimpinan seorang kepala negara. Kita mengenal Grendland yang merupakan negara terluas di dunia yang terletak di sekitar kutub utara dan berbatasan dengan Negara Rusia yang beribu kota di Moscow.

Tetapi faktanya tidak semua negara di dunia ini memiliki luas wilayah yang luas seperti halnya Indonesia dengan ribuan pulaunya. Ada beberapa wilayah yang ternyata memiliki luas terkecil, namun mereka mampu untuk menjadi sebuah kesatuan negara.

Berikut ini adalah beberapa negara dengan wilayah sempit namun terkenal dengan beberapa sesuatu yang khas dari negara tersebut. Berikut adalah penjelasannya.

1. Vatikan Roma Italia

Menjadi salah satu negara dengan wilayah tersempit, ternyata vatikan memiliki luas wilayah hanya 0.444 kilometer persegi yang akhirnya menjadikannya Negara terkecil di dunia. Negara ini terletak ditengah di ibukota Italia. Vatikan merupakan pusat Gereja Katolik serta rumah gereja terbesar di dunia Basilika Santo Petrus.

Pendapatan teresar Negara ini berasal dari sumbangan sukarela dari 1 miliar anggota Gereja Katolik Roma di seluruh dunia. Dan sisa pendapatannya berasal dari penjualan perangko, souvenir wisata, dan biaya masuk museum.

2. Monako

Terletak di French Riviera dengan hanya memiliki luas wilayah 2 kilometer persegi, ternyata negara ini terbilang menjadi rumah untuk sebagian besar jutawan dan miliarder dunia. Monako dikenal dengan industri barang dan jasa perjudian, yang akhirnya menjadikannya sebagai negara favorit bagi orang kaya dunia yang ingin berjudi.

Monacko berbatasan dengan Negara Perancis dan Laut Mediterania, sebagian besar penduduk Monako berahasa Perancis. Dengan luas wilayah yang hanya 26 kilometer persegi dan dihuni oleh 36.000 jiwa menjadikan Monaco sebagai salah satu negara yang paling padat penduduk di dunia. Acara tahunan yang paling popular adalah balapan Formula 1 dengan trek yang melewati jalan-jalan kota.

3. Nauru

Terletak di sebelah timur Australia, Nauru hanya memiliki luas wilayah 21 kilometer persegi. Negara Nauru pernah menjadi negara penghasil fosfat pada tahun 1980. Tetapi sekarang sumber fosfat sudah habis serta membuat negara ini memiliki tingkat pengangguran 90% dan 10% sisanya bekerja di pemerintahan.

Selain itu Nauru juga dikenal sebagai negara dengan orang-orang paling gemuk di dunia hampir 97% pria dan 93% wanita mengalami obesitas. Oleh sebab itu Nauru juga dikenal dengan penderita diabetes tertinggi di dunia dengan total 40% dari populasi menderita diabetes.

4. Tuvalu

Menjadi negara tersempit ke 4, Negara Tuvalu memiliki luas wilayah 26 kilometer persegi. Tuvalu terletak di Samudra Pasifik sebelah timur laut Australia yang bertetangga dengan Negara Nauru. Di negara ini terdapat sekitar 10.000 jiwa dan hanya memiliki jalan sepanjang 8 km dan hanya memiliki 1 rumah sakit di pulau utama. Tuvalu sangat sulit untuk dikunjungi dan tingkat pariwisatanya pun hanya ada 2.000 pengunjung yang datang ke negara ini dan dari total 65% pengunjung hanya melakukan bisnis saja.

5. San Marino

Negara yang memiliki luas tersempit terakhir adalah San Marino, negara yang memiliki luas wiayah 61 kilometer persegi ini sepenuhnya dikelilingi oleh Italia. Negara ini mengakui sebagai negara berdaulat dan sebagai negara tertua di dunia. San Mareno merupakan negara terkaya di dunia dalam PDB per kapita. Negara ini menjadi terkecil ke 3 di Eropa ini memiliki populasi hanya 30.000 penduduk serta menjadikannya salah satu negara dengan tingkat pengangguran terendah di dunia.

Advertisement

Comments

EDITOR CHOICE