TOP News
Home » Travel » 3 Kereta Api Paling Cepat Di Dunia

3 Kereta Api Paling Cepat Di Dunia

Semua orang yang berada dunia ini pasti mengenal yang namanya kereta api. Kereta api adalah alat transportasi yang sangat berguna untuk masyarakat. Kita dapat pergi ke suatu tempat dengan menggunakan kereta api. Tidak ada kemacetan jika kita pergi dengan alat transportasi ini, karena kereta api memiliki jalan yang sudah dibuat khusus.

Kereta api adalah transportasi yang cukup cepat untuk berpindah dari satu tempat ke tempat yang lain. Jalan kereta dibuat oleh tangan manusia. Dengan jalan khusus tersebut penumpang yang berada di dalam kereta api tidak akan merasakan yang namanya polusi udara, sangat berbeda rasanya jika naik kendaraan pribadi dan transportasi lain yang berada di jalan, kita akan merasakan kemacetan dan polusi dan membuat tidak nyaman. Ada beberapa kereta api yang memiliki kecepatan tinggi agar kita cepat sampai di tempat tujuan.

Kereta Api Tercepat Di Dunia

1. JR-Maglev MLX01 (584 kph)
JR-Maglev MLX01 merupakan sebuah kereta super cepat yang ada di Jepang. JR-Maglev MLX01 memiliki kecepatan maksimal yang cukup menakjubkan yaitu 584 kilo per jam. Kecepatan tersebut didapat setelah melakukan uji coba di jalur sepanjang 43 km di Yamanashi.

Kurang lebih selama 12 tahun JR-Maglev MLX01 memegang rekor sebagai kereta paling cepat di dunia dari tahun 2003. Setelah 12 tahun yakni di tahun 2015, rekor kecepatan JR-Maglev MLX01 dipecahkah oleh kereta cepat lain yang juga berasal dari Jepang.

Image result for JR-Maglev MLX01

2. SCMaglev L0 Series (603 kph)
SCMaglev L0 Series sanggup menyentuh kecepatan maksimal 603 kilo per jam. Dikembangkan oleh Central Japan Railway Company, SCMaglev L0 Series adalah kereta cepat yang menghubungkan 2 kota di Jepang yaitu Tokyo dan Osaka.

Pengukuran kecepatan SCMaglev L0 Series dilakukan pada 21 April 2015. Tidak ada yang menduga bahwa kereta tersebut dapat mencapai kecepatan 603 kilo per jam. Awalnya hanya diperkirakan mencapai 505 kilo per jam saja. Dengan kecepatan tersebut, hanya membutuhkan waktu sekitar 40 menit untuk sampai ke kota Nagoya dari Tokyo dan hanya 1 jam 7 menit dari Tokyo menuju Osaka.

Image result for SCMaglev L0 Series

3. TGV POSĀ  (574 kph)
Bergerak menghubungkan negara Perancis dan Swiss, Train a Grande Vitesse adalah kereta super cepat yang dioeparsikan oleh SNCF, sebuah perusahaan asal Perancis. Ada 2 unit TGV POS yang berfungsi sebagai transportasi penghubung antara Perancis dan Swiss. Kereta pertama yang telah dimodifikasi dan kedua yang belum dimodifikasi.

Diungkapkan oleh SNCF bahwa kereta TGV POS yang sudah dimodifikasi berhasil mencapai maksimal 574 kilo per jam. Sedangkan yang belum dimodifikasi hanya memiliki kecepatan maksimal hingga 321 kilo per jam.

Image result for TGV POS

4. Transrapid 09 (500 kph)
Pengembangan dari produsen kereta asal Jerman, sama dengan Shanghai Maglev. Dikatakan bahwa Transrapid 09 adalah kereta terbaru dan tercanggih yang pernah dibuat. Sanggung berakselerasi dan mengurangi kecepatan dalam waktu yang singkat.

Sama dengan Shanghai Maglev, Transrapid 09 juga digerakkan menggunakan tenaga magnetik. Dirancang secara khusus untuk dapat mencapai kecepatan 500 kilo per jam. Sekarang ini Transrapid 09 berada di Emsland, Jerman.

Image result for Transrapid 09

Kereta api yang memiliki kecepatan super tersebut, semuanya dibuat oleh tangan manusia. Sekarang ini sudah ada banyak sekali teknologi dan alat transportasi yang memiliki kemajuan. Semua kemajuan yang tercipta saat ini dapat dimanfaatkan oleh masyarakat luas.

Related image

Advertisement

Comments

EDITOR CHOICE