TOP News
Home » Travel » 5 Festival Unik dan Nyeleneh Di Dunia

5 Festival Unik dan Nyeleneh Di Dunia

Diwarta.com – Perayaan atau festival merupakan salah satu ciri khas dari suatu wilayah atau sebuah negara. Biasanya festival khas akan diadakan setiap tahun untuk memperingati hari bersejarah atau kalau di negara sub tropis biasanya festival besar akan diadakan untuk menyambut datangnya musim panas atau musim semi.

Beberapa negara memiliki beragam festival yang unik yang dianggap nyeleneh oleh beberapa orang, namun di balik sebuah festival atau perayaan tentu saja memiliki filosofi tersendiri. Mulai dari festival lempar tomat di Spanyol hingga festival holi dari India yang sudah populer di penjuru dunia.

Berikut adalah beberapa festival unik nan nyeleneh dari berbagai dunia.

1. Holi – India

unique-festivals-around-the-world-holi-festival-india__880

Disebut juga festival warna, event ini merupakan festival keagamaan dari India, di mana orang akan berkumpul untuk bernyanyi dan menari. Keesokan harinya, mereka akan melakukan perang warna menggunakan bubuk warna-warni dan cat air. Selain itu akan ada beberapa orang yang membawa pistol air dan beberapa balon yang semakin memeriahkan festival holi.

2. La Tomatina – Spanyol

The-Most-Unique-Festivals-Around-The-World1__880

Festival ini diselenggarakan setiap bulan Agustus di Spanyol. Pada event ini, orang-orang akan berkumpul untuk melakukan perang tomat yaitu mereka akan saling melempar tomat satu sama lain. Ada puluhan ton tomat yang disiapkan untuk menyambut festival ini. Bukan hanya orang-orang yang akan berubah warna menjadi merah, namun jalanan dan beberapa bangunan yang ada di sekitarnya juga akan tergenang tomat-tomat yang sudah hancur.

3. Festival lumpur – Korea Selatan

unique-festivals-around-the-world-beryeong-mud-festival-2__880

Festival Boryeong diselenggarakan di Pantai Daecheon, Korea Selatan. Semua orang akan berkumpul di sebuah lapangan atau tanah terbuka dengan melakukan berbagai kegiatan seperti mandi lumpur, sepakbola lumpur, melukis dengan lumpur, sampai gulat lumpur akan diadakan pada festival ini.

4. El Colacho – Spanyol

festival unik

Spanyol adalah sebuah negara dengan memiliki banyak festival yang dianggap aneh-aneh. Salah satunya adalah El Colacho yang artinya Lompatan Iblis, festival ini berusia 400 tahun yang diselenggarakan di Castillo de Murcia, Spanyol. Intinya akan ada seorang pria dewasa yang akan berpakaian seperti iblis lalu ia akan melompati bayi-bayi yang berumur kurang dari 12 bulan. Festival unik ini dipercaya akan membuat si bayi terlindung dari bahaya dalam kehidupan dan terbebas dari dosa. Festival ini jelas berbahaya. Warga menempatkan beberapa bayi di tengah jalan, yang kemudian akan di lompati pria dewasa tersebut. Tapi kalau sampai pendaratan tidak tepat dan mengenai si bayi, urusan bisa runyam ya.

5. Festival bola api – El Salvador

Image result for gambar festival bola api

Festival ini diselenggarakan untuk mengenang erupsi gunung merapi di El Salvador tahun 1658. Biasanya festival akan dibuka dengan acara musik. Saat malam, masyarakat akan mulai berkelahi dengan bola api. Acara yang diadaakan di Nejapa, El Savador ini diklaim aman, karena jarang ada yang cidera.

festival unik

Advertisement

Comments

EDITOR CHOICE