TOP News
Home » Travel » 3 Hewan Tua Yang Berumur Lebih Dari Limaratus Tahun

3 Hewan Tua Yang Berumur Lebih Dari Limaratus Tahun

Ada banyak sekali hewan yang kita temukan di dunia. Hewan ada yang hidup di air dan juga di daratan. Banyak sekali macamnya, jika disebutkan mungkin tidak akan selesai 1 dalam satu bulan. Hewan yang hidup ada yang jinak dan juga buas.

Mungkin banyak orang yang belum mengetahui ternyata ada beberapa hewan yang mampu hidup ratusan tahun. Hewan langka seperti paus,komodo, juga mampu hidup ratusan tahun. Ada beberapa hewan prasejarah yang juga mampu hidup ratusan tahun.

Hewan Tertua Berumur Ratusan Tahun

1. Nautilus (500 juta tahun)
Nautilus disebut juga living fossil karena banyak arkeolog yang menemukan fosil hewan ini di bebatuan, dapat ditemui di perairan Indo-Pasifik. Menurut para ahli, di era dinosaurus, hewan ini memiliki beragam varian, dikarenakan banyak faktor, sekarang ini keluarga Nautilus yang tersisa hanya cephalopoda atau cumi-cumi saja.

Image result for Nautilus (500 juta tahun)

2. Sponge atau Porifera (540 juta tahun)
Porifera (Latin: porus = pori, fer = membawa) atau spons atau hewan berpori adalah sebuah filum untuk hewan multiseluler yang paling sederhana. Para peneliti mempunyai asumsi bahwa Sponge adalah salah satu makhluk hidup yang ada sejak awal hewan di darat, air dan udara muncul.

Fosil Sponge tertua yang pernah ditemukan adalah berusia sekitar 540 juta tahun lalu di sebuah batu di Australia. Sponge juga mirip Ubur-Ubur yang susah untuk menjadi fosil karena karakteristik tubuhnya.

Image result for Sponge atau Porifera (540 juta tahun)

3. Cyanobacteria (3,8 miliar tahun)
Para peneliti mempunyai asumsi bahwa Cyanobacteria adalah makhluk hidup pertama yang hidup di bumi. Cyanobacteria, dikenal sebagai sianobakteri(a), bakteri biru-hijau, ganggang biru-hijau (Cyanophyceae), serta ganggang biru, adalah filum (atau divisi) bakteri autotrof fotosintetik.

Jejak fosilnya telah ditemukan berusia 3,8 miliar tahun. Kelompok bakteri ini sekarang adalah salah satu kelompok terbesar dan terpenting di bumi. Makhluk ini hidup di sulfur dan gas metan yang tersebar merata hampir di seluruh tempat di awal bumi terbentuk.

Image result for Cyanobacteria 3,8 miliar tahun

Umur manusia mungkin tidak sampai 100 tahun akan mati. Jika ada manusia yang berumur 100 tahun lebih masih hidup, hal tersebut merupakan sebuah keajaiban. Kita juga perlu bersyukur karena masih dapat melihat hewan-hewan yang berada di sekitar yang umurnya lebih dari ratusan tahun. Hewan yang berumur ratusan tahun memiliki bentuk yang sangat lucu.

Image result for Nautilus (500 juta tahun)

Advertisement

Comments

EDITOR CHOICE