TOP News
Home » Travel » Makanan Khas Pulau Bali

Makanan Khas Pulau Bali

Diwarta.com – Bali merupakan salah satu pulau dengan julukan sebagai surganya para peselancar. Dengan sebutan itu kita bisa menyimpulkan bahwa Bali identik dengan pantai-pantainya yang khas. Selain pntai dan kenampakan alam yang begitu memukau, ternyata bali juga memiliki beberapa kuliner khas yang ngangenin lidah.

Selain beber bettutu yang begitu fenomenal karena pernah dijadikan sebuah film layar lebar, Bali memiliki kuliner khas lain yang pastinya nagih kalau hanya mencicipinya sekali. Selain bebek betutu ada lagi sambel matah yang tidak di ragukan lagi rasanya. Lalu ada apa lagi ya? Yuk simak penjelasan berikut.

1. Lontong Jukut Serapah

Image result for gambar lontong jukut serapah

Makanan khas Bali yang pertama ini adalah lontong jukut serapah. Lontong ini menjadi salah satu kuliner Bali yang paling favorit yang tidak boleh kamu lewatkan ketika berkunjung ke Pulau Bali. Makanan ini berbeda dengan lontong pada umumnya, lontong jukut serapah ini memiliki bentuk segitiga dan berukuran lebih besar tetapi ada juga yang bentuknya bulat lonjong.

Biasanya makanan khas daerah Bali ini dipotong kecil-kecil dan disajikan bersama dengan berbagai macam sayuran yang telah direbus seperti bayam, nangka, pepaya, daun singkong, dan bunga pisang atau jantung pisang. Kemudian disiram dengan kuah kental. Sedangkan kuah lontongnya namanya adalah telengis yakni hasil sampingan minyak kelapa daribsantan kelapa yang telah direbus.

2. Jukut Ares

Image result for gambar jukut ares

Makanan khas Bali berikutnya yang juga tidak boleh kamu lewatkan kelezatannya adalah jukut ares. Jukut ares merupakan kuliner khas Bali yang berbahan dasar dari pohon pisang yang masih muda dan kira-kira besarnya selengan orang dewasa. Untuk memebuat makanan khas Bali ini ares yang diiris-iris tipis dimasak dengan menggunakan bumbu lengkap Bali alias Base Gede, sedangkan untuk daging campurannya bisa menggunakan berbagai macam daging seperti daging ayam, mentok jika ining rasanya paling enak, dan bisa juga menggunakan daging Babi. Tetapi Anda seorang muslim sebaiknya bertanya kepada penjual terlebih dahulu sebelum membelinya.

3. Bagiak Khas Bali

Image result for gambar bagiak

Makanan khas daerah Bali berikutnya ini yang juga sangat populer dan banyak dicari adalah bagiak. Makanan ini adalah makanan ringan khas Bali yang sangat cocok untuk dijadikan cemilan atau oleh-oleh jika sedang berkunjung ke Bali. Jika kamu berminat, kamu bisa mendapatkan makanan ini dalam berbagai rasa seperti jahe, kacang, susu dan kayu manis. Makanan khas Bali ini terbuat dari tepung sagu dan memiliki rasa yang agak manis dan tekstur yang renyah.

4. Serombotan

Image result for gambar serombotan

Makanan khas bali yang selanjutnya merupakan makanan yang cukup populer dari bali yang bernama Serombotan. Makanan yang satu ini merupakan makanan yang terbuat dari sayur-sayuran yang di olah sedemikian rupa menjadi makanan yang enak. Beberapa bahan sayuran yang sepertinya akan anda temui di makanan khas bali bernama Serombotan ini adalah seperti kangkung, bayam, kacang panjang, pare, tauge dan terong bulat.

5. Lawar Kuwir

Image result for kuliner khas bali

Makanan khas bali yang tidak kalah enak dengan masakan bali yang lainnya adalah sebuah makanan yang populer atau terkenal dengan nama Lawar Kuwir. Makanan yang satu ini adalah sebuah makanan campuran antara daging cincang dengan berbagai sayuran, kemudian di balut dengan bumbu rempah khas Pulau Bali yang enak. Beberapa daging yang biasanya di gunakan untuk membuat Lawar Kuwir ini adalah daging babi atau bebek. Makanan yang satu ini merupakan makanan favorit bagi masyarakat Bali, sehingga makanan Lawar Kuwir ini sangat populer di sana. Daging yang di cincang kemdian di campur dengan sayuran seperti kacang panjang, kemudian di campur dengan bumbu dan parutan kelapa.

6. Sate Lilit

Image result for kuliner khas bali

Makanan khas bali paling enak dan paling populer yang selanjutnya adalah sebuah makanan yang bernama Sate Lilit. Cara pembuatannya adalah dengan mencincang daging yang akan di buat menjadi sate, kemudian di campur dengan bumbu rempah khas bali yang lezat. Dengan menggunakan batang daun serai kemudian daging yang di cincang tadi lilitkan, tentu saja memang pada dasarnya kan dagingnya sudah di cincang jadi di jamin Sate Lilit ini sangat empuk. Beberapa daging yang biasanya di gunakan untuk membuat Sate Lilit ini adalah daging babi, daging ayam atau ikan tenggiri. Akan tetapi hingga saat ini Sate Lilit yang menggunakan ikan tenggiri yang menjadi favorit nbanyak orang.

7. Nasi Jinggo

Image result for kuliner khas bali

Makanan khas bali yang selanjutnya adalah sebuah makanan terkenal di Pulau Bali, dan merupakan sebuah makanan yang terkenal mudah meriah. Tentu Nasi Jinggo adalah makanan bali yang kita maksud yang merupakan makanan yang di bungkus dengan menggunakan daun pisang yang tidak lupa di sediakan sambal khas bali. Beberapa lauk yang sering kita jumpai seperti misalkan saja mie goreng, ayam suwir dan tempe goreng.

Image result for kuliner khas bali

Advertisement

Comments

EDITOR CHOICE